Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, November 9, 2010

Seminar Kesehatan HD di Semarang

Seminar Kesehatan HD di Semarang
Konsultan medis High-Desert dr. Ivan Hoesada menjadi narasumber sebuah talkshow pada acara siaran petang di Voice of America news pada 8 Agustus 2006.
Seminar kesehatan ini menghadirkan Ketua Jurusan Farmakologi dan Terapeutika Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Prof. dr. H. Aznan Lelo, Ph.D, SpFK dan
Chief Medical Consultant HD, dr. Ivan Hoesada sebagai pembicara.
Seminar kesehatan ini dibuka oleh General Manager High-Desert, Ibu Tuti Bermawi dan menarik perhatian sekitar 400 orang peserta dari Semarang dan sekitarnya; Pemalang, Kudus, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, dan Magelang.
Mereka yang hadir berasal dari berbagai latar belakang profesi, antara lain kalangan paramedis, perawat dan calon perawat, dokter dan dokter spesialis, pengusaha, karyawan, ibu rumah tangga, dan mahasiswa.
Dalam pemaparannya, Prof. dr. H. Aznan Lelo, Ph.D, SpFK menjelaskan beragam efek farmakologi dari produk-produk perlebahan seperti madu, bee pollen, royal jelly, propolis, getah lebah (bees wax), dan bisa lebah (bee venom).
Melalui seminar tersebut dijelaskan bahwa sifat farmakokinetik (pengaruh sel hidup terhadap obat) produk lebah seperti bee pollen sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh manusia. Sementara itu, efek farmakologi dari bee pollen antara lain membantu mengatasi alergi, gangguan pada saluran pencernaan, dan sebagai kosmetik.
Efek farmakologi dari royal jelly atau susu lebah antara lain meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Oleh karena itu, produk perlebahan ini banyak dikonsumsi oleh para atlet. Royal jelly juga memiliki efek mulai dari memperbaiki nafsu makan, memperlambat proses penuaan, memperbaiki jaringan kulit dan sirkulasi darah, hingga mengatasi masalah hormonal dan kesuburan.
Dari beragam produk perlebahan yang dijelaskan pada seminar ilmiah tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap produk perlebahan memiliki komposisi yang berbeda, sehingga efek farmakologinya juga berbeda. Madu dengan rasa manis alami aman bagi penderita diabetes mellitus. Bee pollen sangat kaya akan kandungan karbohidrat dan asam amino; getah lebah (bees wax) yang disekresi dari kelenjar hypodermal perut lebah lebih banyak digunakan untuk pamakaian luar tubuh seperti kosmetik; royal jelly memilki kandungan asam aspartat tinggi yang dapat meningkatkan stamina tubuh manusia; dan propolis memiliki khasiat sebagai antimikroorganisme. Walaupun manfaat farmakologis bisa lebah (bee venom) masih diperdebatkan, secara umum produk-produk perlebahan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

No comments:

Post a Comment