Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Friday, November 5, 2010

Imunitas




Cuaca ekstrem dan tak jelas yang melanda Tanah Air akhir-akhir ini menimbulkan permasalahan di berbagai sektor termasuk kesehatan. Berikut beberap tips yang akan membantu kita untuk melindungi tubuh dari penyakit yang bisa saja mengganggu aktivitas sehari-hari.
1. Kurangi makanan berlemak
Makanan berlemak dapat membuat fungsi sistem imun kita berkurang sehingga tubuh terasa lebih lemas dan lamban. Dengan mengurangi asupan lemak, sel T lymphocytes akan berfungsi lebih maksimal sehingga mampu menangkal segala infeksi yang mungkin menyerang tubuh. Usahakan tubuh mendapat asupan lemak sebesar 20-30 persen per hari, terutama lemak tak jenuh. Lemak jenis ini dapat ditemukan pada minyak zaitun, alpukat, dan selai kacang. Juga hindari lemak tak jenuh pada susu, mentega, dan daging.

2. Perbanyak protein
Asam amino pada protein diibaratkan seperti dinding pelindung sistem imun kita dengan menghasilkan sel darah putih dan zat antibodi. Bagi kaum perempuan, disarankan mengonsumsi sekitar 50 gram protein per harinya dari beberapa makanan seperti ikan, daging unggas tanpa kulit, telur, kacang, daging sapi rendah lemak, atau produk kacang kedelai.

3. Banyak bergerak
Menurut beberapa penelitian, terbukti bahwa gerakan tubuh berupa jalan ringan, bersepeda, atau berenang selama 45 menit selama lima kali per minggu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperkecil risiko terkena penyakit hingga 50 persen.
4. Makanan tiga warna
Sayuran dan buah berwarna merah, oranye, kuning, dan hijau kaya akan karotenoi yang membantu sel imun melindungi tubuh dan membunuh virus. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung antioksidan dan vitamn A serta C yang memperkuat sel sehingga mereka mampu menangkal berbagai bakteri jahat.
5 . Hindari tidur larut malam
Usahkan tidur tidak terlalu malam agar energi tubuh terisi kembali. Dsarankan, sebaiknya tidur selama 7-8 jam. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa perempuan yang beristirahat cukup memiliki sel darah putih pelindung tubuh yang lebih banyak ketimbang yang kurang istirahat.
6. Salurkan hobi
Lakukanlah kegiatan yang merupakan hobi atau seseuatu yang senang Anda lakukan seperti melukis atau bermain puzzle setiap hari. Dengan begitu, tingkat stres Anda akan berkurang karena sel imun bersirkulasi meningkatkan hormon kortisol sehingga tubuh Anda pun terhindar dari kuman.  
Tingkatkan Imunitas dengan HDI Bee Propolis
Sistem kekebalan tubuh adalah sistem perlindungan yang cukup rumit, yang berperan dalam menjaga kondisi kesehatan anda. Sistem ini terbuat dari beberapa sel, jaringan dan organ seperti kulit, kelenjar timus, limfe, sistem limfe, dan antibodi. Sistem ini bekerja 24 jam dalam satu hari, untuk menjaga anda dari sel kuman serta bakteri.
Mari belajar dari lebah yang tidak memiliki sistem imunitas . Mereka sangat tergantung pada propolis dalam melindungi koloninya melawan penyakit. Propolis memiliki sistem perlindungan yang baik, oleh karena itu lebah dapat bertahan selama lebih dari 45 juta tahun. Bahan propolis merupakan campuran dari getah pohon, lilin lebah dan air liur lebah, yang digunakan oleh lebah untuk melindungi pintu masuk sarangnya yang mana akan mensterilkan setiap lebah yang masuk . Propolis dikenal juga sebagai anti-biotik alami dan dapat meningkatkan sistem imunitas (kekebalan tubuh) secara alami .
Dengan melihat peran di atas, maka HDI membuatkan bee propolis yang aman bagi manusia. Tidak seperti halnya antibiotik yang lama kelamaan menyebabkan bakteri menjadi resisten (kebal) dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. HDI Bee Propolis selain bersifat sebagai anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, dan anti-peradangan , propolis juga menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan menjadikannya lebih baik.
Dan yang paling penting, propolis merupakan sumber antioksidan yang tinggi , yang dapat membantu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh kita. Radikal bebas adalah atom aktif dengan jumlah elektron yang berlebihan atau kurang, dan sifatnya tidak stabil. Jika mereka bereaksi dengan komponen sel yang penting dalam tubuh maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan atau bahkan kehancuran sel, dan mengakibatkan timbulnya penyakit kanker. Oleh karena itu kita sangat memerlukan anti-oksidan untuk melawan radikal bebas tersebut.
Mengapa HDI Bee Propolis yang terbaik?
  1. HDI Bee Propolis diproses dengan metode ekstraksi khusus yang menggunakan temperatur rendah . Secara efektif dapat menghilangkan semua bahan yang tidak murni dalam propolis sehingga menghasilkan propolis yang murni dan berkualitas.
  2. HDI Bee Propolis juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi . Polifenol adalah senyawa yang digunakan oleh tumbuh-tumbuhan sebagai sistem imunitas mereka. Semakin tinggi kandungan polifenolnya, maka semakin tinggi pula kandungan anti-oksidannya .
Bahkan, dalam 1 gram propolis memiliki kekuatan antioksidan 400 kali lebih tinggi dibandingkan dengan 1 gram buah jeruk Dianjurkan bagi yang ingin meningkatkan sistem imunitas , terutama yang mudah terserang penyakit.
 

No comments:

Post a Comment