Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Saturday, November 6, 2010

Indriati Gazali dan Halim Sutrisna

Pola Pikir, Sumber Perubahan


Nama : Indriati Gazali dan Halim Sutrisna
Nomor ID : 397166D
Sponsor : dr. Sugata dan Ratna Manikam

lebah madu bisnis MLM multi level marketing network sukses tipsPuji syukur kami panjatkan kepada Tuhan yang telah mengijinkan kami untuk mencapai posisi Double Diamond di High-Desert. Begitu besar kasih dan anugrahNya kepada kami.
Terima kasih sedalam-dalamnya kami sampaikan kepada mentor kami, Bp. Adi Purnomo & Ibu Karyana yang dengan penuh kesetian membantu kami melewati saat-saat sulit sehingga kami dapat menjadikan kesulitan kami sebagai batu loncatan untuk mencapai tahapan yang lebih tinggi lagi. Terima kasih kami kepada Ibu Ratna & dr. Sugata yang dengan penuh kesabaran membimbing kami. Terima kasih kepada Ibu Sherly atas nasihat dan dukungannya, Bp. Lion & Ibu Anggraini, serta Bp. Julianto EP yang selalu menginspirasi kami. Terima kasih pula kepada rekan-rekan kerja kami yang sangat luar biasa. Tanpa kerja sama dari rekan-rekan, kami tidak akan mencapai posisi ini.
"Apakah Anda mengetahui bagaimana seekor lobster mampu untuk tumbuh bertambah besar meskipun ia memiliki cangkang yang keras?"
Seekor lobster bertumbuh dengan melepaskan kulitnya dalam periode tertentu. Ketika tubuhnya bertumbuh semakin besar dan mulai dirasakan sesak berada dalam cangkangnya, lobster tersebut mencari daerah yang dianggapnya aman untuk beristirahat. Kemudian melepas kulit atau cangkangnya. Lalu, lapisan merah muda yang berada di dalam cangkang lama akan tumbuh dan kemudian mengeras sampai pada ukuran yang lebih nyaman bagi mereka. Namun, dalam proses tersebut, sebelum cangkang yang baru terbentuk, mereka berada dalam risiko yang luar biasa. Karena tanpa cangkang tersebut, tubuhnya sangat lemah dari serangan luar sehingga mereka dapat dengan mudah mati terlempar ke batu-batuan atau dimakan oleh hewan lainnya. Seekor udang lobster mengambil risiko yang sangat besar untuk tumbuh menjadi lebih kuat dan lebih besar. Setiap perubahan ada risiko yang harus ditanggung.
Perubahan adalah masalah pilihan. Kita tidak dapat hanya duduk saja tanpa melakukan apa-apa dan berharap untuk bertumbuh. Jika kita ingin sungguh-sungguh berubah, kita harus membuat 3 pilihan.
Pertama, kita harus berhati-hati dalam memilih apa yang kita pikirkan. Berhati-hatilah dengan bagaimana Anda berpikir karena kehidupan Anda dibentuk melalui pikiran-pikiran Anda. Anda bukanlah apa yang Anda pikirkan tentang diri Anda, melainkan bagaimana Anda berpikir. Itulah Anda. Jadi, jika ingin mengubah hidup Anda, Anda harus mengubah pola pikir. Perubahan selalu dimulai dengan pemikiran baru.
Terkadang kita down dan bermuram durja seakan-akan masalah yang kita hadapi adalah masalah yang terberat di dunia ini. Mengapa? Karena Anda merasa sedih. Kenapa merasa sedih? Karena memikirkan pikiran-pikiran yang menyedihkan. Hal yang sama berlaku bagi kemarahan, kekhawatiran, dan hal-hal negatif lainnya.
Bayangkan saat Anda mengendarai sebuah speedboat dengan pilot otomatis. Speedboat melaju ke timur dan kemudian Anda memutuskan untuk berputar ke arah barat. Anda ingin membuat putaran 180 derajat. Ada dua cara, yaitu pilot otomatis mengarahkan kapal ke arah timur sehingga anda harus meraih kemudi dan berbelok dengan tajam. Speedboat pun sekarang ke arah Barat, namun Anda harus bekerja keras untuk dapat tetap mengarahkannya ke Barat. Anda menjadi tegang, cemas, dan kelelahan. Ketika kita mencoba memaksakan diri untuk berubah dengan kemauan yang mendadak, biasanya hal itu tidak akan berlangsung lama.
Cara lain untuk mengubah arah speedboat adalah dengan mengatur sistem pilot otomatisnya. "Pilot Otomatis" dalam kehidupan Anda adalah pikiran Anda. Jangan berpusat pada tindakan ataupun perasaan, berpusatlah pada pikiran Anda. Berhenti berpikir tentang hal-hal yang mengundang masalah dan mulai memikirkan pikiran yang membawa Anda ke tujuan Anda. Apa yang Anda pikirkan akan menentukan perasaan Anda dan pada akhirnya, akan menentukan tindakan Anda.
Kedua, kita bisa memilih untuk bergantung kepada Tuhan. Berdoalah untuk keputusan, kebutuhan, minat, jadwal, dan persoalan yang Anda hadapi. Berdoalah untuk orang yang Anda temui. Berdoalah untuk apa saja. Saat kita berdoa, buah-buah akan berkembang dalam kehidupan kita.
Ketiga, merespon keadaan dengan bijak. Kita tidak dapat mengendalikan keadaan, namun kita dapat memilih mengendalikan respon kita. Kita dapat mengendalikan apakah sebuah pengalaman membuat kita menjadi pahit atau menjadi lebih baik sehingga Anda dapat bertumbuh dan mematangkan karakter. Seberapa besar masalah akan muncul dalam hidup tidak ditentukan oleh apa yang terjadi kepada kita, tetapi apa yang terjadi dalam diri kita.
lebah madu bisnis MLM multi level marketing network sukses tipsBerhenti menyalahkan lingkungan dan orang lain karena tindakan yang kita ambil atas suatu keadaan adalah pilihan kita, kitalah yang harus bertanggung jawab atas pilihan tersebut dan risiko yang terkandung di dalamnya, bukan lingkungan maupun orang lain. Hanya dengan demikian kita dapat bertumbuh. Saya menjadi saya yang hari ini adalah karena pilihan yang saya buat kemarin.
Saat Anda kecewa, kemarahan adalah reaksi dan memaafkan adalah aksi. Apakah Anda membiarkan orang lain menentukan tingkat kebahagiaan Anda atau menjatuhkan Anda ke dalam kekuatiran, ketakutan, atau kemarahan? Apakah Anda yang membuat "naskah" kehidupan Anda sendiri, atau lingkungan ataupun orang lain yang membuatkannya untuk Anda?
Tahun 1968, seorang ilmuwan menemukan kalung dari biji-bijian yang berumur 600 tahun di dalam sebuah gua Indian. Ia mencoba menanam salah satu dari biji tersebut. Ternyata, biji itu bertunas dan tumbuh dengan subur. Setelah pasif selama 600 tahun, potensi untuk hidup masih ditemukan di dalamnya. Mungkin Anda telah berada di zona kenyamanan selama bertahun-tahun, namun sekarang Anda ingin berubah, ingin mengubah keadaan. Keinginan Anda tidak terlambat! Anda dapat memulainya sekarang juga. Jangan ditunda lagi! Tiada kata terlambat untuk berubah!
Di saat sulit, selalu ada kesempatan untuk memperbaiki keadaan....
Di saat sedih, selalu ada kesempatan untuk meraih kembali kebahagiaan....
Di saat jatuh, selalu ada kesempatan untuk bangkit kembali....
Dan, dalam kondisi terburuk pun selalu ada kesempatan untuk meraih kembali
yang terbaik untuk hidup kita....
Go Crown!

No comments:

Post a Comment