Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Saturday, November 6, 2010

Bebaskan Bayi dari Racun Tersembunyi

Bebaskan Bayi dari Racun Tersembunyi
Di usia dini, sedapat mungkin minimalkan paparan bayi Anda dari zat-zat kimia berbahaya. Namun perlu diketahui racun juga bisa tersembunyi dalam perabot atau barang-barang plastik.
BPA dalam botol
Botol susu, gelas plastik dan alat makan bayi lainnya mungkin mengandung bisphenol-A (BPA), yang membuat plastik tampak bening dan antipecah. BPA dapat menyebabkan cacat bawaan kanker, pembentukan genital yang abnormal, serta pubertas dini. Botol beling tidak mengandung zat kimia berbahaya. Jika lebih suka mengunakan plastik, pilihlah yang bebas BPA.
Bebek beracun
Bebek karet mainan dan sejenisnya sekitar 50 persen bahan pembuatnya adalah phthalates , zat kimia yang terkait dengan kejadian kanker dan obesitas. Phthalates juga bisa mengganggu endokrin, sehingga bisa berpengaruh buruk pada hormonal. Lebih baik pilih mainan dari kayu atau katun organik.
Perabot
Almari, meja, dan kursi yang terbuat dari kayu lapis (tripleks, multipleks) mengandung formaldehyde , karsinogenik yang memicu sakit kepala, radang saluran napas, ruam kulit pada anak-anak dan orang dewasa. Ganti saja dengan barang dari kayu jati, sungkai, dan sejenisnya.
Cat tembok
Pilih cat tanpa VOC ( Volatile Organic Compounds ) atau berkadar VOC rendah (kurang dari 10 mg per liter) karena bila terhirup bisa membahayakan kesehatan.

Karpet
Banyak karpet mengandung zat kimia dan mudah menimbulkan banyak debu dalam ruangan. Juga terdapat zat pemicu kanker seperti xylene dan benzene yang bisa menyebabkan alergi dan masalah lain pada saluran pernapasan.

Jika terpaksa memasang karpet, bersihkan dengan alat pengisap debu (vakum) yang dilengkapi penyaring HEPA untuk membantu meminimalkan paparan tungau dan alergen lainnya. Gunakan juga bahan pembersih bebas racun.
(kompas.com)

No comments:

Post a Comment