Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Sunday, November 28, 2010

GUSI (Penyakit Faforit Gusi)

                                                                                                                                                                  Gusi yang sehat menandakan tubuh yang juga sehat. Maka itu, selain gigi, kesehatan gusi tentunya penting pula untuk dijaga. Bila diabaikan, gusi kita bisa mengalami penyakit gingivitis dan periodontitis .
Gingivitis merupakan tahap awal penyakit yang ditandai dengan gusi berubah warna menjadi merah dan mudah berdarah. Meski tak menimbulkan rasa sakit, bila diabaikan radang ini bisa berkembang menjadi periodontitis. Perkebangan ini akan berlangsung perlahan dengan menghancurkan jaringan sel penguat gigi sehingga nantinya gigi akan melemah dan lama-kelamaan akan terlepas. Gingivitis biasanya rentan pada masa akhir kanak-kanak, sedangkan periodontitis rentan bagi Anda yang berusia 30-an.

Penyebab utama munculnya penyakit gusi yakni kondisi mulut yang kurang bersih yang diawali terbentuknya plak gigi. Bila bertahan selama 2-3 hari, plak akan berkembang menjadi tartar ( kalculus ). Kondisi itu pun akan menganggu gingiva dan bisa memicu hilanganya jaringan sel penguat gigi. Konsumsi tembakau, seperti pada rokok, nutrisi buruk, mulut kering, diabetes, dan infeksi virus akan meningkatkan risiko terkena penyakit ini.
Pencegahan
Gosoklah gigi dua kali sehari, terlebih setelah makan atau mengemil.
  1. Makanlah makanan kaya akan serat. Hindari makanan manis yang mudah lengket ke gigi, khususnya di antara waktu makan.
  2. Bila Anda seorang perokok, sebisa mungkin kurangi kebiasaan itu. Atau, ganti rokok dengan mengunyah permen.
  3. Menggosok gigi sebenarnya tidaklah cukup.Gunakan pula dental floss dan berkumur dengan cairan antiseptik setiap hari guna mengurangi terbentuknya plak pada gigi.
  4. Usahakan untuk memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin.
Dengan mengunjungi dokter gigi, Anda akan mengetahui kondisi gigi. Dokter pun akan memberikan saran perawatan gigi yang sesuai dengan kondisi Anda. Seperti metode paling tepat untuk menggosok gigi, menggunakan dental floss , atau membilas mulut dengan cairan antiseptik. Terlebih, bila Anda merasa bahwa gusi Anda berwarna terlalu merah dan mudah berdarah, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.
Perbaiki Gigi dengan Produk HDI
Tahukah Anda bahwa mereka yang memiliki masalah gigi dan gusi beresiko terserang penyakit jantung dua kali lebih besar? Lubang pada gigi memungkinkan masuknya bakteri Streptococcus ke dalam peredaran darah dan masuk ke dalam jantung, menyebabkan terjadinya infeksi pada jantung. Selain itu gusi dan gigi yang tidak sehat dapat menyebabkan infeksi dalam rongga mulut, gigi tanggal, dan kesulitan untuk makan serta berbicara dengan baik. Akibatnya, masalah nutrisi dan pencernaan serta krisis percaya diri pun timbul. Kesehatan mulut yang buruk pada manula (manusia usia lanjut) dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung, stroke, dan pneumonia (radang paru-paru).

Oleh karena itu, memiliki gusi dan gigi yang sehat bukan sekedar untuk penampilan saja. Tetapi juga penting untuk kesehatan tubuh kita. Untuk mendapatkannya, HDI Polifrez jawabannya.
HDI Polifrez, pasta gigi berbentuk jel yang merupakan kombinasi unik dari manfaat propolis dan tea tree oil , sangat berguna untuk perawatan secara menyeluruh bagi gigi dan gusi Anda. Kandungan tea tree oil dalam HDI Polifrez meningkatkan kinerja propolis dalam membunuh bakteri dalam mulut sehingga mencegah penimbunan plak (karang gigi), iritasi gusi serta membantu menyegarkan nafas seketika . Selain itu HDI Polifrez memiliki kandungan propolis yang jauh lebih tinggi (dapat dilihat dari warna jel yang gelap) dibandingkan dengan pasta gigi sejenis lainnya.
Manfaat dari produk berbahan alami ini antara lain:
  • Membantu menekan pertumbuhan bakteri berbahaya dalam mulut yang menyebabkan kerusakan gigi,
  • Mencegah infeksi gusi, menghambat dan mengurangi pembentukan plak (karang gigi) ,
  • Memberikan nafas segar lebih lama dan menjadikan gigi putih alami dan sehat .
Sangat baik bagi mereka yang menginginkan gigi dan gusi yang sehat, serta nafas yang segar. Sangat tepat juga bagi mereka yang memiliki gigi yang sensitif, atau yang sering mengalami gusi berdarah pada saat menyikat gigi.
 

No comments:

Post a Comment