Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, November 9, 2010

Seminar Kesehatan di Universitas Andalas

Seminar Kesehatan di Universitas Andalas
High-Desert Indonesia mengadakan seminar kesehatan bertema “Efek Farmakologi Produk Perlebahan Untuk Kesehatan Manusia” di Hotel Inna Muara, Padang, Sumatera Barat, 1 Juli 2006. Seminar ini merupakan yang pertama kali diadakan di Padang.
Seminar kesehatan yang berlangsung sejak 09.45 ini dibuka oleh Pembantu Dekan I Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Dr. dr. Hasrul, Msc. Hadir sebagai pembicara adalah Kepala Departemen Farmakologi dan Terapeutika Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Prof. dr. H. Aznan Lelo, Ph.D., Sp.FK; General Manager High-Desert Indonesia Ibu Tuti Bermawi; dan konsultan medis HDI dr. Ivan Hoesada.
Seminar diisi dengan sajian materi utama, profil perusahaan High-Desert Indonesia dan presentasi Product Knowledge serta diakhiri dengan sesi tanya-jawab. Peserta seminar adalah 145 orang dokter dan perawat dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Mereka terlihat sangat antusias dan tertarik dengan materi yang disajikan.

Prof. dr. H. Aznan Lelo, Ph.D., Sp.FK menjelaskan bahwa produk perlebahan berupa madu, bee pollen, bee wax, royal jelly, propolis, dan bee venom memiliki beraneka efek farmakologi, karena komposisi setiap produk lebah berbeda-beda. Madu kaya akan karbohidrat, tidak hanya mengandung glukosa seperti pemanis lain, tapi juga mengandung fruktosa dan sukrosa sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Bee pollen kaya akan karbohidrat dan asam amino, di antaranya memiliki efek farmakologi meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki sistem metabolisme, meningkatkan daya berpikir, dan menghambat proses penuaan.

Getah lebah atau bee wax lebih banyak digunakan untuk pemakaian luar. Efek farmakologinya antara lain sebagai antioksidan, menurunkan tekanan darah, melancarkan air seni, dan antialergi. Sementara itu, royal jelly yang kaya akan asam asparat bermanfaat untuk membantu meningkatkan stamina tubuh; dan propolis sangat berkhasiat sebagai antimikroba. Manfaat farmakologis dari produk bisa lebah (bee venom) masih terus diperdebatkan, tapi secara keseluruhan produk lebah sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.
Sesi kedua seminar diisi dengan acara Product Special Meeting (PSM) High-Desert yang dihadiri oleh 57 peserta. Prof. dr. H. Aznan Lelo, Ph.D., Sp.FK kembali menjelaskan tentang manfaat produk lebah dan dilanjutkan dengan presentasi Product Knowledge oleh dr. Felix L. Tarigan dan testimoni yang dibawakan oleh dr. Ivan Hoesada. Acara ditutup dengan pemberian materi motivasi oleh dr. Ivan Hoesada dan berakhir pukul 16.30.

No comments:

Post a Comment