Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Friday, October 1, 2010

Tetap Sehat Setelah Berpesta

                                                              Tetap Sehat Setelah Berpesta
Di penghujung tahun, undangan menghadiri berbagai pesta datang bertubi. Pesta selalu identik dengan saat-saat berbahagia yang menyenangkan.
Dalam sebuah perayaan pesta, belum lengkap rasanya jika tak ada makan lezat terhidang. Namun, jangan sampai terlena makanan enak tanpa memperhatikan keseimbangan gizi saat menyantap menu pesta. Kendalikan diri dari godaan hidangan pesta, semata demi menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Hidangan yang disajikan dalam sebuah pesta biasanya terdiri dari makanan manis, berlemak, pedas, dan menggunakan bahan santan. Anda yang memiliki riwayat kesehatan buruk, semestinya telah mengetahui betul jenis makanan seperti apa yang sebaiknya dihindari. Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya anda hindari sekalipun tidak memiliki masalah dengan kesehatan. Seperti hidangan yang terbuat dari tepung, gula, margarin/mentega, keju, krim, kuning telur, hati, dan makanan kalengan.
Bagaimana agar kita tetap dapat menikmati pesta tanpa menomorduakan kesehatan? Beberapa tips dibawah ini dapat sedikit membantu Anda:
• Hidangan pesta berupa ikan mengandung lemak, kalori dan karbohidrat yang rendah, sehingga bermanfaat dalam menjaga kesehatan. Ikan juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi.
• Makanan berlemak memang sangat nikmat di mulut. Tapi ada baiknya kita berhenti mengonsumsi hidangan jenis ini sebelum perut terasa kenyang. Bisa juga disiasati dengan makan makanan ringan terlebih dahulu sebelum menikmati hidangan utama.
• Usahakan untuk mengawali dengan makanan pembuka yang berupa sayur mayur dan akhiri dengan konsumsi buah-buahan. Sayur dan buah mengandung serat tinggi sehingga membantu mengurangi penyerapan lemak dan mengontrol sistem pencernaan.
• Tahan keinginan untuk mengonsumsi air minum yang mengandung soda. Air putih justru akan membantu sistem pencernaan kita bekerja lebih lancar serta membuang racun dari saluran cerna.
• Sebaiknya, waspadai juga camilan berupa aneka kue kering, cake, juga makanan ringan yang mengandung banyak gula dan santan pekat.
• Usai makan banyak makanan berlemak dalam sebuah pesta, siapkan segelas jus kombinasi tomat dan wortel di rumah. Jus tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang akan membantu mencegah penumpukan lemak di tubuh.
Tidak ada lagi alasan untuk menghindari hidangan pesta jika kita mengetahui cara menyiasatinya. Selamat bersenang-senang dalam pesta akhir tahun!

No comments:

Post a Comment