Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Friday, October 1, 2010

Manfaat Lidah Buaya

                                                         Manfaat Lidah Buaya
Siapa tak kenal tanaman lidah buaya? Tanaman yang juga dikenal dengan nama Aloe vera ini sangat mudah kita jumpai. Selain terkenal akan manfaatnya untuk menyuburkan rambut dan menyembuhkan luka, tanaman berdaun tebal dan berduri ini ternyata juga dapat dijadikan penganan dan minuman.
Tanaman lidah buaya atau Aloe vera termasuk dalam suku Liliaceae. Bagian yang paling sering dimanfaatkan adalah gel yang terdapat di dalam daunnya. Sejak ribuan tahun yang lalu, Lidah buaya telah dimanfaatkan sebagai bahan dasar produk kosmetik. Apa yang membuat tanaman ini begitu bermanfaat, dan apa saja manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan kita?

Lidah Buaya
Kandungan zat gizi yang terdapat pada gel lidah buaya cukup lengkap, di antaranya, vitamin A, B, C, E, choline, inositol, dan asam folat. Sedangkan kandungan mineralnya terdiri dari kalsium, magnesium, kalium, natrium, besi, seng, dan kromium. Gabungan unsur vitamin dan mineral dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang antara lain mampu mencegah serangan jantung dan penuaan dini dengan menghindarkan kerusakan DNA akibat radikal bebas. Penelitian di Hoshi University, Jepang menunjukkan Aloe vera mengandung senyawa antioksidan yang mampu menyingkirkan radikal bebas akibat radiasi.

Selain diolah untuk produk perawatan luar tubuh, lidah buaya juga dimanfaatkan untuk membantu melancarkan saluran pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menyembuhkan luka.

Perawatan Kecantikan
Berbagai produk kecantikan dan perawatan dengan bahan dasar lidah buaya maupun campurannya dengan mudah kita dapati di toserba terdekat. Memang, manfaat lidah buaya dalam perawatan tubuh dan kecantikan sudah kita ketahui sejak dahulu kala. Konon, Ratu Mesir Kuno, Cleopatra menggunakan lidah buaya untuk merawat kecantikannya.

Penyubur Rambut
Khasiat lidah buaya sebagai penyubur rambut sudah tidak diragukan lagi. Sejak lama orangtua kita menggunakan daun lidah buaya untuk mengatasi masalah kesuburan rambut. Gel daun lidah buaya yang dipijatkan di kulit kepala dipercaya menjadikan rambut tumbuh dengan subur dan lebat serta berakar kuat.

Pelembab Kulit
Lidah buaya juga mampu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Kolagen adalah jaringan di bawah kulit yang berperan penting dalam menjaga elastisitas kulit manusia. Zat lignin yang dikandungnya diyakini dapat menembus dan meresap ke dalam kulit dan menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit sehingga kulit tidak cepat kering dan tetap lembab.

Obat Luka
Uji klinis yang dilakukan terhadap lidah buaya mendapati bahwa tanaman ini memiliki sifat antibakteri dan antiradang sehingga mampu membantu proses regenerasi sel seperti mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. Karena gel aloe vera mampu meningkatkan aliran darah dan merangsang kerja fibroblast (sel-sel yang bertugas menyembuhkan luka). Oleh karena itu, gel Aloe vera juga dipakai sebagai campuran krim wajah untuk mengobati bisul/jerawat.

Makanan dan Minuman
Saat ini, sudah tidak aneh lagi ketika kita menemukan di toserba lidah buaya yang dikemas sebagai minuman. Istilah nata de aloe diberikan untuk minuman segar dengan campuran bagian dalam kulit lidah buaya yang dipotong-potong berbentuk segi empat kecil. Minuman ini memiliki khasiat meningkatkan gairah seks (aphrodisiac), seperti diakui oleh Dr. Robert Picker, kepala bagian di Berkeley Holistic Clinic, Berkeley California, Amerika Serikat.

Selain sebagai minuman,gel lidah buaya juga dapat dikonsumsi dengan khasiat untuk mengatasi cacingan, sulit buang air besar, batuk, radang tenggorokan, diabetes melitus. Lidah buaya juga berperan sebagai pelindung organ hati (hepatoprotektor) dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunomodulator). Selain sebagai nata de aloe, lidah buaya juga dapat dibuat jus, koktail, campuran teh, selai, jelly, dodol, cendol, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui beragam khasiat lidah buaya, tidak ada salahnya jika kita mulai mencoba memanfaatkan bahan alami yang satu ini untuk menjaga kesehatan kita dan keluarga. Selain murah, lidah buaya juga mudah ditanam di pekarangan atau lingkungan sekitar kita.

No comments:

Post a Comment