Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Friday, October 8, 2010

Prostat

                                                                                                                                                                   Prostat adalah sebuah kelenjar kecil sebesar buah kenari yang membungkus bagian atas uretra, saluran pembuangan dari kandung kemih. Prostat berfungsi mengeluarkan campuran cairan dan enzim yang diperlukan oleh sperma agar tetap sehat. Prostat biasanya berfungsi baik hingga kebanyakan orang tidak menyadari keberadaannya sampai usia 40-an atau 50-an. Walaupun ada pula yang mendapatkan masalah saat berusia 30-an.
Seiring pertambahan usia, prostat dapat berubah menjadi kelenjar pembawa derita karena menjadi mudah terinfeksi dan terkena penyakit – termasuk kanker. Pembengkakannya sering mengganggu proses buang air kecil. Hampir setiap pria akan mengalami masalah prostat selama hidupnya. Gejala-gejala itu antara lain adalah sering buang air kecil, darah dalam air kemih, sulit pada awal buang air kecil, aliran yang lambat, dan perasaan bahwa hajat kecil belum selesai meskipun telah melakukannya.
Untuk mengurangi kemungkinan dan meringankan dampak gangguang prostat dapat melalui beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup. Berikut adalah caranya :
Menurunkan kolesterol. Dalam tubuh, kolesterol diubah menjadi testosteron. Berdasarkan pengamatan jaringan prostat yang membesar memiliki kandungan kolesterol tinggi sekali.
Kurangi asupan lemak Hindari makanan-makanan kaya lemak, seperti daging merah, produk susu,' dan goreng-gorengan. Batasi porsi sajian daging merah, ikan, atau ayam Anda tidak lebih dari 90 gram sehari. Perbanyak sayuran.
Jangan kekurangan seng. Penderita gangguan prostat cenderung kekurangan seng dalam tubuh mereka. Rekomendasi dari Dietary Allowance untuk seng adalah 15 miligram per hari.
Batasi makanan sangat merangsang dan alkohol. Keduanya dapat meningkatkan iritasi pada kantung kemih, khususnya bila Anda menderita BPH. Alkohol bisa merugikan sekali, karena berfungsi menekan sistem saraf pusat yang membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk otot-otot kandung kemih. Akibatnya urin tertahan.
Berolahraga. Banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk.
Jangan duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama membuat prostat Anda tertekan terlalu lama. Apabila pekerjaan menuntut Anda lebih banyak duduk, bangkitlah dan berjalan-jalan barang sejenak demi kebaikan Anda sendiri. Jangan menahan kencing.
Hindari minum banyak di malam hari. Jangan minum selewat pukul enam atau tujuh petang, apabila tidur Anda sering terganggu (misalnya, lebih dari dua kali dalam semalam) oleh keinginan untuk buang air kecil. Baik siang maupun malam hari, batasi minum minuman yang mengandung kafein.
Berendam. Duduklah di bak mandi air hangat selama 20 menit sekurangnya sekali seminggu. Kehangatannya akan meresap ke dalam panggul dan meningkatkan aliran darah di situ, mengurangi ketegangan otot-otot dan, mudah-mudahan, juga bengkaknya.
HDI Dynamic Trio + Saw Palmetto: Kombinasi Tepat untuk Prostat Sehat
Tahukah Anda bahwa masalah prostat merupakan salah satu masalah yang paling umum diderita oleh pria yang berusia di atas 50 tahun? Apabila Anda atau pasangan Anda, saudara atau kerabat Anda sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil, jangan khawatir, Anda tidak sendiri.
Gejala ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat berkembang menjadi lebih serius seperti infeksi saluran kemih, kencing batu atau kerusakan ginjal. HDI Dynamic Trio + Saw Palmetto merupakan kombinasi dari Dynamic Trio dan buah beri yang dihasilkan oleh tanaman palem saw palmetto yang telah terbukti efektif mengatasi masalah prostat.
Ekstrak buah beri tanaman saw palmetto telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu, karena terbukti dapat mengurangi gejala akibat masalah pembesaran prostat, seperti membantu mencegah pembengkakan prostate dan mengurangi gejala masalah saluran kemih seperti rasa nyeri dan sering buang air kecil.
Studi telah membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi saw palmetto selama 6 bulan mengalami perbaikan pada kondisi prostat yang terjadi penurunan pada angka IPSS (International Prostate Symptom Score) yang awalnya 16,7 menjadi 12,3 (dikatakan mengalami masalah prostat jika IPSS > 8).
Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi saw palmetto secara signifi kan dapat mengurangi gejala masalah saluran kemih pada pria yang diakibatkan karena ada gangguan pada prostat, seperti dapat mengurangi rasa nyeri pada saat berkemih serta mengurangi frekuensi buang air kecil. Selain itu juga dapat membantu memelihara kesehatan prostat.
HDI Dynamic Trio + Saw Palmetto juga mengandung Dynamic Trio (bee pollen, propolis, dan royal jelly) yang selain memberi nutrisi penting bagi tubuh, juga membantu menunjang kinerja saw palmetto sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh.

No comments:

Post a Comment