Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Friday, October 1, 2010

Ayam Oles Madu

                                                            Ayam Oles Madu
Madu tidak hanya lezat untuk dioleskan pada roti atau sebagai campuran minuman. Tapi juga nikmat digunakan sebagai bahan masakan. Resep Ayam Oles Madu yang sedap ini berasal dari Vietnam. Ayam oles madu yang dipanggang menghasilkan cita rasa yang berbeda. Selamat mencoba!


Bahan:
1 ekor ayam
1 sdm minyak sayur2 sdt biji annatto
2 batang Sereh

Pelapis Madu:
60 ml madu
2 sdm kecap manis
4 sdm sari jeruk lemon
1 sdm minyak wijen

Cara membuat:
Ayam utuh yang sudah dicabuti bulunya, dibersihkan dan dikeluarkan isi rongganya.

Hilangkan lemaknya yang berlebihan, keringkan kulit ayam dan rongga alamnya dengan kertas roti.
Panaskan 1 sdm minyak sayur dalam wajan dengan 2 sdt biji annatto hingga minyak berwarna jingga selama kurang lebih 2 – 3 menit, saring minyak ini dalam mangkuk yang lebih besar, dan buang biji annatto.
Masukkan 60 ml madu, 2 sdm kecap manis, 4 sdm sari jeruk lemon dan 1 sdm minyak wijen ke dalam mangkuk berisi minyak yang telah dipanaskan tadi.
Oleskan minyak dan pelapis madu pada ayam secara merata di bagian luar maupun dalamnya.
Memarkan 2 batang sereh lalu potong menjadi 4 bagian. Masukkan sereh ke dalam rongga ayam.
Jika menggunakan oven untuk memanggang, letakkan ayam yang telah dilapisi madu di atas loyang pembakar. Kemudian panggang ayam dengan panas 200ºC atau panggang dengan arang selama 15 menit hingga merata.
Setelah 15 menit, ratakan kembali ayam dengan pelapis madu lalu masukkan kembali ke dalam oven dengan suhu 180ºC selama 15 menit atau panggang dengan arang hingga matang.
Panggang ulang masing-masing sisi ayam selama 15 menit dengan oven atau arang, sambil dioleskan dengan pelapis madu, hingga matang merata.

Catatan: Harap diperhatikan untuk membakar ayam selama 15 menit dengan oven atau pemanggang arang di setiap sisi agar warna merata dan kulit ayam renyah.

Jika menggunakan oven, ingatlah untuk selalu menggoyangkan loyang pembakar sebelum mengoles atau membalik ayam yang dipanggang.

Biji Annatto adalah biji buah berwarna merah yang biasa digunakan sebagai pewarna masakan seperti tampak pada gambar.

No comments:

Post a Comment