Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Friday, September 10, 2010

Membangun merek dan symbol


Membangun merek dan symbol


   Menjadikan High-Desert sebagai symbol sukses adalah bentuk public relation yang bagus. Setiap orang atau perusahaan pasti ingin ditampilkan sebagai symbol sukses. Dengan symbol-symbol akan kesuksesan ditangan kita maka pekerjaan marketing sudah separuh mencapai kemenangan. Kita “tidak perlu” mengeluarkan lebiha banyak uang untuk mempromosikan produk-produk kita.

   Oleh karena itu stokis-stokis dan depo-depo High-Desert yang telah beroprasi sebagai market leader biaya pemasarannya akan semakin kecil.

    Hukum pasar, bahwa semakin dikenal suatu merek maka semakin mudah pemasarannya. Tapi bukan dikenal karena kejelakannya. Misalkan: High-Desert jangan dikenal karena mahalnya, tapi juga jaminan kemanfaatannya, itulah yang dijual.

   Berapapun akan mereka bayar asal jaminan kualitasnya memang terbukti.

   Pada prinsipnya masalah mahal atau tidak, bukanlah terletak pada nilai nominalnya namun hanya masalah persepsi dan kemanfaatan yang akan dirasakan oleh para konsumen kita.

   Ingat, bila kita terbang dengan Garuda Indonesia pasti tiketnya lebih mahal dari maskapai lain, tapi kok harus antri untuk mendapatkan tiketnya. Ternyata jaminan terbang lebih amanlah yang menjadi penyebabnya, sehingga konsumen tidak keberatan lebih mahal dan antri lagi

   Pada prinsipnya, tak ada produk yang dikatakan mahal, kalau sesuatu itu dikualifikasinya memang jempolan dan pantas dibeli mahal. Mending dibilang mahal tapi berkualitas dari pada sudah tidak berkualitas tetap mahal juga.

   Coba perhatikan pula, bagaimana pendatang baru manapun dan dalam bisnis apapun termasuk MLM harus jungkir balik, hanya untuk mengenalkan nama atau mereknya saja. Kita mengenal jasa pos atau layanannya hanya dengan melihat symbol dengan warna orange , kualitas produk motor hanya dengan melihat symbol Honda dsb.artinya dngan kuatnya sebuah merek maka dengan symbol-sybol itulah kita sudah bisa menjelaskan kualifikasi suatu produk.

   Dibisnis MLM nama besar para leader dan Up-line dan mungkin juga ownernya tidaklah menjamin kesuksesan suatu produk. Harus ada kerjasama atau sinergi antara merek yang sudah dikenal , symbol-symbol keberhasilan dan data-data yang mendukung infrastrukturnya .

   Sangatlah tepat untuk memposisikan dan menempatkan merek High-Desert sebagai merek bergengsi, cerdas,berprestasi dan brilian.
    Dari berbagai symbol tersebut maka saat ini dan kedepan symbol-symbol sehat dan kesejahteran seorang distributor High-Desert dapat diukur dengan dimana ia mengikuti bisnis MLM-nya sehingga semakin bergengsi sebuah MLM maka semakin tinggi harga tawar dimata konsumen dan rekan kerja.

    Pertanyaan berikutnya adalah mana yang lebih penting pernyataan: High-Desert menjadi berkelas karena banyak orang yang menjadi distributornya sudah menjadi sukses didalamnya atau banyak distributor yang menjadi sukses karena High-Desert? Susahkan menjawabnya.

   Dari sistem manajemen bisnis positioning suatu produk adalah penting. Sejauh mana kita akan bertarung pastilah kita harus memposisikan produk kita. High-Desert harus kita tawarkan sebagai produk mahal dan berkualitas karena merek dan reputasinya yang Internasional. Kita tidak bisa lagi menghitung harga jual berdasarkan biaya produksi saja karena dengan merekanya yang sudah baik pembeli akan cenderung umtuk membeli “gengsi” dan pelayanan.

    Bisa saja kualitas distributor kita kalah dibandingkan competitor kita tapi karena jaminan merek kita yang sudah jauh lebih akrab dan dikenal sebagai MLM yang berkualitas,maka pilihan akan jatuh pada kita juga.

Salam Tangguh

Team Tangguh 3n

No comments:

Post a Comment