Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Thursday, September 30, 2010

6 LANGKAH RAMBUT

                                                                     Enam Langkah Mudah Agar Rambut Tetap Sehat
Untuk mendapatkan rambut sehat, kita tidak perlu mengeluarkan anggaran lebih untuk ke salon. Ada beberapa cara mudah untuk menjaga agar rambut tetap sehat
Rambut sehat tentu adalah dambaan setiap orang, terutama kaum hawa. Selain mempercantik penampilan, rambut juga dapat menjadi indikator kesehatan seseorang. Untuk mendapatkan rambut sehat, kita tidak perlu mengeluarkan anggaran lebih untuk ke salon. Ada beberapa cara mudah untuk menjaga agar rambut tetap sehat.

1. Makan Makanan Bergizi
Makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Sayuran dan buah-buahan menjadi makanan yang sehat untuk rambut. Protein, terutama protein nabati, dapat mencegah kerontokan rambut karena sel-sel pembentuk rambut dan akar rambut. Kurang darah juga memengaruhi kerontokan rambut, karenanya pilih makanan yang banyak mengandung zat besi..

2. Keramas Secara Teratur
Kesehatan rambut tidak bisa dilepaskan dari kebersihan kulit kepala. Selain faktor lingkungan, kulit kepala juga mudah kotor karena endapan minyak dan keringat dari kelenjar. Endapan tersebut menjadi tempat bagi bakteri dan mikroorganisme yang sangat merugikan pertumbuhan rambut. Mencuci rambut minimal dua kali seminggu adalah perawatan dasar untuk rambut. Saat keramas, jangan lupa memijat ringan kepala agar peredaran darah di kepala makin lancar.


3. Pilih Shampo yang Tepat
Memilih shampo juga bagian penting dari perawatan rambut. Banyak terdapat pilihan shampo sesuai jenis kulit kepala masing-masing orang. Jadi, sebelumnya, ketahui dahulu jenis kulit kita. Pada dasarnya, carilah shampo yang mempunyai kadar keasaman (Ph) yang seimbang.

4. Vitamin Rambut
Jangan lupa pakai vitamin rambut. Kandungan pada shampo biasanya belum mencukupi kebutuhan vitamin untuk rambut. Jadi, perlu menambahkan vitamin atau nutrisi khusus untuk rambut. Biasanya, vitamin rambut berupa tonic. Selain memberi vitamin, tonic juga berguna untuk melancarkan peredaran darah kapiler.


5. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia pada Rambut
Obat keriting, pelurus, ataupun pewarna rambut hampir semuanya mengandung bahan kimia yang bisa menjadikan rambut rusak dan kering. Kebanyakan shampo yang ada di pasaran juga terbuat dari bahan kimia. Adalah Royale Conditioning Shampo, produk HD berupa shampo yang sebagian besar kandungannya adalah bahan alami, yaitu royal jelly dan ekstrak lidah buaya (aloe vera). Dengan Pro vitamin B5, shampo ini dapat meremajakan rambut dan mengurangi akibat penggunaan bahan kimia pada rambut.

6. Teratur Menyisir Dan Memotong Ujung Rambut
Menyisir rambut secara teratur selain akan membuat rambut tidak kusut, secara tidak langsung juga akan meremajakan rambut. Rambut yang mati akan gugur dan berganti rambut muda yang lebih segar dan sehat. Potong rambut secara teratur, terutama merapikan ujung rambut, juga mempunyai kegunaan. Memotong ujung rambut dapat mencegah rambut bercabang.


Ternyata mudah dan sederhana merawat rambut, bukan? Perawatan secara teratur akan membuat rambut senantiasa sehat dan terbebas dari masalah kulit seperti ketombe. Namun, jika ketombe tidak terkendali dan sangat mengganggu, tidak ada salahnya mengunjungi dokter kulit untuk memeriksakan kesehatan kulit kepala. Rambut yang sehat tidak bisa dipisahkan dari kulit kepala yang sehat pula.

No comments:

Post a Comment