Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, September 28, 2010

PROSTAT

                                                                                                                                 Mengapa Pembengkakan Prostat Harus Dicegah?

cegah prostat bengkak saw palmetto madu lebah clover honey royal jelly bee propolis pollen Tentu semua pria tidak ingin berhadapan dengan masalah pembengkakan prostat. Tetapi, kesadaran untuk mencegah kondisi itu biasanya datang terlambat. Bagi Anda yang merasa masih memiliki prostat yang sehat, sebaiknya Anda mulai melakukan tindakan pencegahan karena setiap pria berpotensi mengalami pembengkakan prostat di usia tuanya.
Oke! Mungkin Anda tidak terlalu peduli dengan pencegahan, karena penelitian menyebutkan, pembengkakan prostat tidak ada hubungannya dengan kanker prostat. Tetapi, apakah Anda siap dengan kemungkinan-kemungkinan berikut?

Kemungkinan 1: Komplikasi Pembengkakan Prostat
Pembengkakan prostat adalah masalah kesehatan yang sangat serius karena berpotensi mengganggu aktivitas urinasi penderitanya. Karena kandung kemih selalu berisi cairan yang seharusnya dibuang ke luar tubuh itu, maka penderita pembengkakan prostat dapat mengalami komplikasi berikut:
  • Acute urinary retention (AUR). AUR adalah ketidakmampuan urinasi yang muncul dengan tiba-tiba dan sangat sakit. Untuk mengosongkan kandung kemih, pasien harus menggunakan kateter yang dimasukkan melalui penis. Bahkan, ada yang harus menjalani operasi.
  • Infeksi saluran kencing. Beberapa pasien harus menjalani operasi pengangkatan prostat sebagai tindakan pencegahan infeksi saluran kencing.
    Kencing batu. Pembengkakan prostat akan membuat mineral-mineral menumpuk sehingga menyebabkan infeksi, iritasi kandung kemih, air seni mengandung darah, dan buang air tersendat.
  • Kerusakan kandung kemih. Ini muncul bila kandung kemih tidak dikosongkan dalam waktu yang lama. Dinding-dinding otot kemudian menegang, melemah, dan tidak lagi berkontraksi dengan baik.Biasanya, mereka yang mengalami kerusakan kandung kemih karena pembengkakan prostat akan menunjukkan perkembangan positif setelah menjalani operasi pengangkatan prostat.
  • Kerusakan ginjal. Ini disebabkan oleh infeksi dan AUR yang sering terjadi. Pembengkakan prostat juga dapat menyebabkan hydronephrosis, yaitu pembengkakan salah satu atau kedua ginjal karena air seni tidak dapat dikeluarkan dari ginjal tersebut.
Kemungkinan 2: Perawatan dan Pengobatan untuk Pembengkakan Prostat
Untuk pembengkakan prostat, umumnya ada tiga jenis obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter yaitu jenis alpha blocker yang akan merelaksasi otot-otot sekitar kandung kemih sehingga memudahkan untuk urinasi, enzyme inhibitor yang akan menyusutkan ukuran prostat, atau kombinasi kedua jenis obat tersebut.
Penggunaan obat-obatan untuk pembengkakan prostat membutuhkan waktu yang lama. Belum lagi biaya yang akan Anda keluarkan, tentu tidak sedikit jumlahnya.
Obat-obatan biasanya diresepkan untuk mengendalikan gejala-hejala yang tidak terlalu ringan, karena bila sudah parah, maka yang dibutuhkan penderitanya adalah terapi dan/atau operasi.
Terapi yang digunakan untuk kondisi ini adalah terapi yang fokus pada pembesaran uretra sehingga memudahkan untuk buang air kecil.
Berikut adalah beberapa terapi yang dianjurkan untuk penderita pembengkakan prostat.
  • Microwave therapy, yaitu prosedur yang menggunakan panas untuk menghancurkan bagian dalam kelenjar prostat yang membengkak. Panas itu disalurkan melalui kateter yang dimasukkan ke dalam penis pasien. Pasien harus menunggu beberapa minggu untuk mulai merasakan perubahan berarti. Selain itu, juga belum ada kepastian mengenai efektivitas jangka panjang terapi ini.
  • Radiofrequency therapy, yaitu prosedur yang memanfaatkan gelombang radio untuk memanaskan dan menghancurkan bagian prostat yang menghalangi jalur urin. Terapi ini dinilai kurang efektif dibandingkan operasi tradisional dalam hal mengurangi gejala-gejala dan melancarkan arus urin. Efektivitas jangka panjangnya juga belum diketahui dengan pasti. Terapi ini juga memiliki efek samping, yakni urin yang tertahan, ada bercak darah di urin, sakit saat urinasi, dan sedikit mempengaruhi ejakulasi.
  • Interstitial laser therapy, yaitu terapi untuk menghancurkan jaringan prostat yang membengkak dengan cara mengarahkan energi laser ke dalam pembengkakan tersebut. Umumnya penderita butuh dua minggu untuk kembali ke aktivitas rutin dan aktivitas seksual.
  • Prostate stents, yaitu sejenis tube metal yang dimasukkan ke dalam uretra dengan maksud untuk memperlebar dan membiarkannya tetap terbuka. Tube ini memang bisa memperlancar urinasi, tetapi tidak memberikan perkembangan berarti terhadap gejala-gejala pembengkakan prostat.
Ada pula kondisi pembengkakan prostat yang mengharuskan penderitanya untuk menjalani operasi. Operasi dianjurkan bila pembengkakan sudah parah dan/atau memiliki komplikasi, seperti infeksi saluran kencing, kencing batu, hematuria, urin tertahan, atau ginjal rusak. Operasi-operasi itu berkisar dari membuang jaringan yang membengkak, memotong bagian prostat yang membengkak, menghancurkan bagian yang membengkak dengan menggunakan laser berenergi tinggi, atau prostatektomi terbuka yang membuang bagian dalam prostat yang membengkak.

Cegah dengan HD Dynamic Trio + Saw Palmetto
cegah prostat bengkak saw palmetto madu lebah clover honey royal jelly bee propolis pollenBila Anda mengalami pembengkakan prostat, Anda harus siap dengan komplikasi yang mungkin Anda alami di kemudian hari. Demikian juga dengan biaya, waktu, dan kesempatan yang harus Anda lepaskan demi mendapatkan pengobatan, mengikuti terapi, dan/atau menjalani operasi. Belum lagi efek samping dan risiko yang dapat ditimbulkan oleh setiap jenis perawatan yang akan Anda jalani. Itulah sebabnya mengapa pencegahan itu selalu lebih baik daripada pengobatan.
Pembengkakan prostat dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat, berolahraga teratur, menghindari alkohol, dan menjalani pemeriksaan fisik secara rutin.
Kegiatan-kegiatan itu akan menunjukkan hasil optimal bila disertai dengan konsumsi suplemen untuk kesehatan prostat Anda, yakni HD Dynamic Trio + Saw Palmetto.
HD DT + Saw Palmetto tepat bagi kesehatan prostat karena memadukan dynamic trio (bee pollen, bee propolis, dan royal jelly) dengan ekstrak buah saw palmetto.
Dynamic trio akan bekerja sinergis untuk memberikan nutrisi yang penting, membantu mengeluarkan racun dari tubuh, memperbaiki sel prostat yang rusak akibat pembengkakan, serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh Anda.
Saw palmetto adalah tumbuhan jenis palem yang berasal dari Amerika Utara. Studi ilmiah menunjukkan kalau asam lemak, senyawa sterol, dan ester yang diekstrak dari saw palmetto berpotensi menurunkan jumlah dihydrotestosterone. Dehydrotestosterone adalah bentuk aktif hormon testosteron yang dalam kadar berlebih akan turut berkontribusi terhadap pembengkakan prostat.
Saw palmetto juga memiliki kandungan aktif anti-estrogen dan anti-androgenic yang dapat menghambat kerusakan sel prostat.
Selain dynamic trio dan saw palmetto, HD DT + Saw Palmetto juga mengandung konsentrat buah cranberry, unsur seng, vitamin E, dan tanaman Pygeum africanum. Bahan-bahan tersebut secara sinergis akan memberikan hasil optimal dalam mencegah atau menangani pembengkakan kelenjar prostat karena sangat mudah diserap oleh tubuh manusia.

No comments:

Post a Comment