Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Wednesday, September 29, 2010

Metabolisme dan Penurunan Berat Badan

                                                                                                                                       Metabolisme dan Penurunan Berat Badan

Apakah metabolisme dapat disalahkan untuk kelebihan berat badan yang mungkin kita alami?
metabolisme berat badan olahraga kalori lebah madu lemak massa ototMetabolisme memang berhubungan dengan berat badan, namun bukan penyebab pertambahan berat badan.
Pada dasarnya, metabolisme menentukan jumlah energi yang menjadi dasar kebutuhan tubuh kita, namun yang menentukan berat badan adalah asupan makanan dan minuman serta aktivitas fisik kita.
Metabolisme adalah proses pembakaran untuk mengubah makanan/minuman menjadi energi. Pembakaran tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.
  • Bentuk dan komposisi tubuh. Semakin lebar tubuh seseorang dan semakin banyak ototnya, maka akan semakin banyak energi yang dibakarnya.
  • Jenis kelamin. Kaum lelaki biasanya memiliki lebih sedikit massa lemak dan lebih banyak massa otot dibandingkan kaum perempuan di usia yang
  • sama, sehingga kaum lelaki akan membakar lebih banyak kalori.
  • Umur. Seiring pertambahan usia, massa otot akan berkurang dan massa lemak bertambah sehingga memperlambat pembakaran kalori.
  • Aktivitas fisik yang sudah pasti akan membakar kalori.
Metabolisme tidak dapat disalahkan untuk berat badan yang bertambah, karena metabolisme adalah sebuah proses alami. Kita sendiri cenderung tidak dapat mengendalikan kecepatan metabolisme tubuh kita.Tubuh akan menyesuaikan metabolisme dengan kebutuhan kalori tubuh kita. Contoh jelasnya akan terlihat saat kita diet tanpa makan, di mana tubuh akan memperlambat proses metabolisme dan menghemat kalori agar kita dapat bertahan hidup. Hanya pada penderita sindrom Cushing dan hipotiroid-lah, metabolisme akan berhubungan dengan pertambahan berat badan.
Mau tidak mau, kita harus berhenti menyalahkan metabolisme karena penyebab terbesar pertambahan berat badan adalah kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada yang digunakan.
metabolisme berat badan olahraga kalori lebah madu lemak massa ototUntuk mengurangi berat badan, Anda dapat memakai konsep sederhana ini, yakni menciptakan defisit energi dengan mengurangi asupan kalori sekaligus menambah jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.

Kita dapat membakar lebih banyak kalori dengan:
  • Melakukan olahraga aerobik secara teratur, seperti berjalan, bersepeda, dan berenang. Setidaknya, berolahragalah selama 30 menit setiap. Bila Anda sangat sibuk, Anda bisa membaginya menjadi 3 kali olahraga, masing-masing 10 menit, di setiap waktu senggang Anda.
  • Melatih kekuatan, seperti angkat besi. Kegiatan ini akan menghindari pengurangan massa otot akibat pertambahan usia. Bukankah massa otot juga mempengaruhi jumlah kalori yang dibakar tubuh kita?
  • Aktivitas gaya hidup sehat, seperti memilih menggunakan tangga daripada eskalator, berkebun, mencuci kendaraan sendiri, melakukan pekerjaan rumah, dll.
Jangan lupa untuk menggunakan HD Bodimate sebelum beraktivitas fisik, karena bagian tubuh yang diolesi HD Bodimate akan mengalami pembakaran lemak yang lebih banyak dan efektif dibandingkan daerah yang tidak diolesi.

No comments:

Post a Comment