Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Wednesday, September 29, 2010

Gigi Anda?

                                                          Sehatkah Gigi Anda?
Berapa gigi berlubang yang Anda punyai? Apakah Anda menyikat gigi secara rutin? Apa yang akan terjadi bila gigi berlubang tersebut tidak segera ditangani?
Jumlah kasus gigi berlubang masih sangat tinggi di Indonesia, bahkan mencapai angka yang sangat mencemaskan. Lebih dari 80% anak-anak Indonesia memiliki masalah gigi berlubang. Angka ini terjadi akibat masalah kesehatan gigi dan mulut masih sering dianggap sebagai masalah yang sepele. Anggapan yang keliru tentunya. Masalah gigi dapat berdampak pada masalah kesehatan lainnya seperti: jantung, sakit kepala, nyeri mata, bahkan stroke.

Pola hidup masyarakat masih cenderung kurang memperhatikan kesehatan gigi. Bahkan, banyak orang yang tidak membersihkan gigi secara teratur. Gigi berlubang terjadi akibat kotoran-kotoran yang tertinggal pada gigi. Sisa-sisa makanan akan menjadi wadah pertumbuhan yang sangat baik bagi bakteri yang ada di dalam mulut, hingga terbentuklah asam. Asam tersebut, lambat laun merusak lapisan email dan menyebabkan kerusakan gigi. Dari gigi berlubang tersebut kemungkinan bakteri menembus pembuluh darah dapat terjadi.

Bakteri yang terikut dalam aliran darah dapat menyebabkan beberapa gangguan penyakit, dan bahkan dapat menyumbat aliran darah ke jantung. Artinya, penyaluran sumber makanan dan oksigen ke jantung juga tersendat. Siapa sangka sakit gigi yang dianggap sepele dapat menyebabkan gangguan penyakit yang sangat serius?

Merawat Gigi
Pada awal terkena penyakit gigi dan mulut, kebanyakan orang mengabaikannya. Meskipun rasa sakitnya luar biasa, biasanya hanya diatasi dengan obat penghilang rasa sakit. Setelah rasa sakit hilang, tetap saja tidak memperhatikan perawatan dan pemeliharaan gigi dan mulut.

Ketidakpedulian terhadap kesehatan gigi dan mulut tidak terlepas dari kesadaran yang dimiliki masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Untuk membangun dan meningkatkan kesadaran ini, diperlukan edukasi yang selain dapat meningkatkan kesadaran untuk memelihara kebersihan dan kesehatan gigi, juga dapat memberikan pengetahuan perawatan gigi yang tepat.

Kesadaran ini sudah harus dipupuk sejak kanak-kanak. Di sekolah, guru dapat memberikan edukasi pada anak-anak didik agar sejak kecil mereka bisa mengerti bahaya yang mungkin terjadi bila gigi dan mulut tidak dipelihara dengan baik.

Sehatkah Gigi Anda?Menggosok gigi secara rutin minimal dua kali sehari sangat disarankan untuk menjaga kebersihan gigi. Sehabis makan, sikatlah gigi agar sisa-sisa makanan yang tertinggal dapat dibersihkan sehingga tidak menjadi pemicu kerusakan gigi. Kerusakan gigi yang tidak ditangani akan terus memburuk bahkan bersifat kumulatif.

Kian hari, kerusakan akan terus memburuk bahkan bertambah, menjalar ke bagian-bagian yang lain. Daerah mulut atau gigi yang terlanjur rusak akan sulit sekali untuk disembuhkan. Selain itu, memperbaiki gigi yang rusak membutuhkan biaya yang lebih besar. Jauh lebih besar bila dibandingkan dengan biaya yang diperlukan untuk pencegahan kerusakan gigi.

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, secara rutin, sikatlah gigi dengan menggunakan sikat gigi yang teksturnya dapat menjangkau seluruh lapisan gigi dan mulut. Gunakan HD Polifrez, pasta gigi berbentuk gel yang terformulasi dari bee propolis dan tea tree oil. Keduanya dapat membantu mengatasi tartar, plak, serta memberikan nafas segar. Kandungan bee propolisnya membantu menghambat pertumbuhan organisme penyebab kerusakan gigi.

Menyikat gigi segera setelah makan tidak dianjurkan karena sehabis makan kadar PH di dalam mulut berubah. Jika langsung disikat, dapat menyebabkan penipisan lapisan email. Idealnya adalah menyikat gigi sekurangnya 30 menit setelah makan karena, dalam jangka waktu tersebut kadar keasaman mulut sudah kembali normal.

Sehatkah Gigi Anda?Pelihara dan rawatlah gigi sebelum berlubang. Kerusakan pada gigi yang dibiarkan akan semakin buruk dari hari ke hari. Awali dengan menyikat gigi paling sedikit dua kali dalam sehari. Kesehatan gigi Anda adalah juga faktor penentu kesehatan bagian tubuh Anda yang lain! [HD]

No comments:

Post a Comment