Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, September 28, 2010

GATAL AKIBAT EKSEMA

                                                                                                                                        Mengurangi Rasa Gatal akibat Eksema

lebah madu eksemaEksema, atau dermatitis atopik, adalah ruam atau peradangan di kulit yang terasa gatal. Eksema merupakan penyakit yang bertahan lama dan biasanya disertai oleh asma atau alergi udara dingin (hay fever). Kondisi ini umumnya terlihat di masa kanak-kanak, tetapi dapat berlanjut hingga usia dewasa, walau ada juga yang pertama mengalaminya di setelah berada di usia dewasa.
Rasa gatal itu muncul di belakang lutut atau di lengan, tetapi tidak menutup kemungkinan akan muncul bagian lain. Periode gatal dan tidak gatal akan bergantian, bahkan periode gatal bisa tidak muncul selama bertahun-tahun.
Penyebab pasti eksema belum diketahui hingga saat ini, namun diduga berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi tidak sebagaimana mestinya.
Karena eksema paling ringan sekalipun dapat terasa sangat gatal, maka yang dapat dilakukan oleh penderitanya adalah mengurangi rasa gatal dan melembutkan kulit yang meradang.
Caranya:
  • Kenali dan hindari hal-hal yang mampu memperburuk peradangan, seperti perubahan suhu yang mendadak, berkeringat, dan stres. Hindari bersentuhan langsung dengan bahan wol, serta sabun dan deterjen berformula keras.
  • Oleskan krim anti gatal atau losion calamine di kulit yang meradang. Krim yang dijual bebas, yakni yang mengandung 1% hydrocortisone, dapat mengurangi rasa gatal untuk sementara.
  • Usahakan untuk tidak menggaruk. Bila tidak dapat menahan diri, tutuplah bagian yang terasa gatal tersebut. Gunakan sarung tangan di malam hari untuk mencegah Anda menggaruk di malam hari. Pastikan kalau kuku Anda selalu terpotong pendek.
  • Menutupi ruam dengan perban dapat melindungi kulit dan menghalangi tangan menggaruknya. Berikan kompres basah dan dingin di bagian yang terkena eksema.
  • Mandilah dengan air hangat.
  • Gunakan sabun atau shower gel yang lembut, tanpa pewarna, dan tanpa parfum. Pastikan tidak ada sisa-sisa sabun atau busa yang tertinggal di badan.
  • Oleskan pelembab di kulit, sebaiknya yang dapat mengembalikan kelembaban kulit secara alami.
  • Gunakan pakaian berbahan katun yang lembut dan bertekstur halus. Bahan ini akan membantu menghindari iritasi. Ketika musim panas atau saat berolahraga, gunakan pakaian yang sesuai untuk menghindari keringat berlebihan. Hindari pakaian yang ketat, kasar, atau terbuat dari wol.

lebah madu eksema shower gelHD Royale Shower Gel untuk Penderita Eksema
HD Royale Shower Gel tepat untuk siapa saja, termasuk penderita eksema yang dianjurkan untuk menghindari sabun atau shower gel yang berformula keras.
Dengan kandungan bee propolis-nya, HD Royale Shower Gel akan melindungi kulit dari berbagai radikal bebas. Karenanya, kondisi eksema tidak akan bertambah buruk.
Kandungan multivitaminnya, seperti vitamin C, E, B5, B6, dan niacinamide, akan membantu melembabkan kulit, sama seperti yang dibutuhkan oleh penderita eksema. Pastikan agar mengoleskan HD Royale Hand & Body Lotion setelah mandi untuk mendapatkan kelembaban dan kelembutan kulit yang optimal.
Pun, penderita eksema tetap akan mendapatkan keharuman sehabis mandi karena aroma HD Royale Shower Gel berasal dari ekstrak teh hijau, bukan dari bahan-bahan kimiawi.
HD Royale Shower Gel memang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Bukankah fakta itu mengimplikasikan kalau HD Royale Shower Gel jauh lebih baik daripada shower gel bermerk lainnya?

No comments:

Post a Comment