Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, September 28, 2010

CACAR AIR PADA ANAK

                                                                                                                                                                         Saat Varicella Menginfeksi Buah Hati

Apakah setiap anak memang harus mengalami cacar air?
cacar air anak varicella virus infeksi bee propolis lebah maduCacar air merupakan salah satu penyakit yang umum dialami oleh anak kecil. Tetapi tidak semua anak akan mendapatkan cacar air, terutama mereka yang sudah mendapatkan vaksin cacar air. Pun, bila mengalaminya, anak yang sudah divaksin biasanya tidak separah dibanding yang tidak divaksin sama sekali. Waktu penyembuhannya pun lebih cepat. Itulah sebabnya mengapa orangtua diharapkan memberikan vaksin cacar air kepada bayinya, terutama pada saat usia 12 hingga 15 bulan. Remaja usia 13 tahun atau lebih tua yang belum pernah menerima vaksin ini atau belum pernah terkena cacar air pun harus mendapatkan vaksin cacar air, biasanya dua dosis vaksin yang diberikan terpisah dalam jarak waktu 28 hari.

Gejala Cacar Air
Cacar air disebabkan oleh virus Varicella zoster. Infeksi virus ini akan menimbulkan ruam berwarna merah dan gatal. Ruam-ruam ini biasanya muncul pertama kali di bagian wajah dan perut atau punggung, lalu menyebar ke hampir seluruh badan.
Ruam tersebut bermula dengan bintik merah kecil yang terlihat seperti jerawat atau gigitan serangga. Bintik-bintik ini kemudian berkembang menjadi kantong-kantong berdinding tipis dan berisi cairan yang awalnya berwarna bening, namun berubah menjadi kelabu. Setelah dua hingga empat hari, kantong-kantong itu pun pecah sehingga menjadi luka terbuka, mengering, lalu mengering dan berubah ke warna coklat.
Satu atau dua hari sebelum ruam muncul, si anak akan mengalami demam, sakit perut, sakit tenggorokan, sakit kepala, atau lemas. Gejala-gejala ini bisa bertahan hingga beberapa hari dengan suhu badan berkisar di antara 37.7°–38.8° Celsius. Jarang ada kasus yang muncul dengan suhu badan di atas kisaran tersebut.
Tingkat keparahan gejala-gejala dan ruam-ruam tersebut berbeda di setiap anak. Biasanya, semakin muda usia si anak, semakin ringan gejala dan ruam cacar air yang dimilikinya.

Penularan
Cacar air itu menular, dimulai dari dua hari sebelum ruam muncul hingga kantong-kantong air di kulitnya mengering. Itulah sebabnya mengapa anak yang terinfeksi Varicella sebaiknya tidak bersekolah hingga seluruh kantong airnya mengering. Pastikan kalau Anda sudah berkonsultasi dengan dokter mengenai waktu yang tepat bagi buah hati Anda untuk kembali ke sekolah.
Untuk mencegah penyebaran virus ini, pastikan anggota keluarga Anda untuk sering mencuci tangan, terutama sebelum makan dan sesudah menggunakan kamar mandi. Sebisa mungkin, Anda harus menjauhkan anak yang terinfeksi dari saudaranya yang tidak terinfeksi. Pastikan Anda memberikan penjelasan mengapa mereka tidak bisa bermain dengan saudara mereka untuk sementara waktu.

Perawatan
Yang paling utama tentunya adalah mendatangi dan mengikuti instruksi dokter. Juga, berikan perhatian yang lebih dari biasanya mengingat besar kemungkinan ia merasa kesepian dan bosan karena tidak bisa bermain dengan saudara dan teman-temannya.
Anak Anda pasti mengeluh merasa gatal-gatal, namun penderita cacar air sebaiknya tidak menggaruk badannya. Karena itu, Anda sebaiknya memberikan kompres dingin di bagian tubuhnya yang paling gatal. Potong pendek pula kuku-kukunya agar, bila buah hati Anda menggaruk badannya, kuku-kuku itu tidak akan merusak kulitnya.
Mandikan buah hati Anda dengan air suam-suam kuku. Menambahkan oatmeal ke dalam air mandinya dapat meringankan rasa gatal-gatalnya. Selain oatmeal di air mandi, mengoleskan losion calamine ketika kulit kering pun akan meringankan siksaan rasa gatal tersebut.

cacar air anak varicella virus infeksi bee propolis lebah maduHD Bee Propolis

Untuk mempercepat proses perlawanan terhadap infeksi varicella ini, berikan satu atau dua kapsul HD Bee Propolis kepada buah hati Anda, sekali dalam sehari, tepatnya setengah jam sebelum makan.
Salah satu sifat HD Bee Propolis adalah antiviral sehingga membuatnya menjadi suplemen yang paling tepat untuk mempercepat proses penyembuhan cacar air buah hati Anda. Pun, bila luka terbuka di kulitnya ternyata terinfeksi oleh bakteri, HD Bee Propolis telah menjadi perisai anak Anda karena suplemen ini pun memiliki sifat antibakteri. Infeksi bakteri ini cukup sering dialami oleh anak-anak karena mereka kerap tergoda untuk menggaruk dan memecahkan kantong-kantong air di kulitnya.
Jadi, bila anak Anda terkena cacar air, berikan HD Bee Propolis kepadanya agar buah hati Anda lekas terlepas dari infeksi virus Varicella itu.

No comments:

Post a Comment