Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Wednesday, September 29, 2010

Rambut Rontok

                                                                                                                                   Mengurangi Helaian Rambut Rontok

Dimulai dari beberapa helai rambut tertinggal di sisir, kemudian di tangan ketika sedang keramas. Lalu, pada suatu pagi Anda menemukan beberapa helai rambut tertinggal di bantal Anda. Saat Anda benar-benar sadar, ketebalan rambut Anda sudah berkurang jauh, bahkan sudah ada "lahan gundul" di kepala Anda.
Mengurangi Helaian Rambut RontokYang Anda alami itu dinamakan alopecia atau kerontokan. Ada yang menganggapnya sebagai simbol maskulinitas. Tetapi, dalam beberapa kasus, alopecia dapat berpengaruh negatif pada kondisi psikologis si penderita, seperti rasa cemas, depresi, phobia pada kehidupan sosial, bahkan perubahan identitas.
Bisa jadi kerontokan Anda bersifat permanen. Bisa pula itu hanyalah kerontokan temporer, namun keduanya berpotensi berakhir pada kebotakan. Dan bagi Anda yang merasa tidak mengalami kerontokan, perlu juga berjaga-jaga karena kerontokan dapat menimpa siapa saja, baik laki-laki, perempuan, maupun anak-anak.
Bagaimana cara mengurangi kerontokan rambut?
Pertama, sayangi rambut Anda.

  • Hindari sampo yang memiliki kandungan kimia yang tidak jelas. Gunakan HD Opti-Hair Shampoo yang dapat memberikan nutrisi bagi rambut, yakni dari akar sampai bagian ujung rambut.
  • Hindari penggunaan air yang terlalu panas saat keramas.
  • Hentikan, atau setidaknya kurangi, penggunaan pengering rambut. Usahakan agar selalu mengeringkan rambut secara alami dengan menggunakan handuk dan mengangin-anginkannya di udara terbuka. Saat mengeringkan, gosokkanlah handuk Anda dengan lembut. Mengurangi Helaian Rambut Rontok
  • Sisirlah rambut anda dengan lembut saat rambut masih dalam keadaan agak basah.
  • Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami, seperti HD Opti-Hair Topical Lotion.
  • Lindungilah kulit kepala anda dari sinar matahari langsung, misalnya dengan menggunakan topi atau scarf.
  • Hindari ikatan yang kencang pada rambut Anda. Pun, hentikan kebiasaan menarik-narik rambut tanpa alasan yang jelas.
  • Saat memotong rambut ke salon atau tukang cukur, pastikan mereka menggunakan gunting yang tajam. Gunting yang kurang tajam hanya akan berefek negatif pada akar rambut dan merusak struktur rambut Anda.
Kedua, perhatikan apa yang Anda konsumsi.

  • Anda wajib mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang mengandung protein dan zat besi. Bila Anda sedang berdiet, perhatikan kandungan nutrisi diet Anda. Kurangi konsumsi kafein dan hentikan kebiasaan merokok. Keduanya memang terbukti tidak baik bagi kesehatan tubuh.
  • Jauhi obat obatan yang berpotensi menganggu pertumbuhan rambut Anda.
  • Sebaiknya Anda mengonsumsi HD Opti-Hair Tablet yang dapat mengurangi kerontokan rambut sekaligus membantu merangsang pertumbuhan rambut.
Ketiga, perhatikan kesehatan tubuh Anda.

  • Rajin berolah raga karena olah raga yang teratur akan memperlancar peredaran darah, termasuk peredaran darah ke kulit kepala yang dapat menutrisi akar rambut dan memperlancar pertumbuhan rambut. Beristirahat dengan cukup sehingga pertumbuhan rambut anda lebih optimal.
  • Hindari stress karena stress akan menganggu metabolisme tubuh yang berpotensi mempengaruhi pertumbuhan rambut Anda.
Maka selanjutnya Anda dapat mengucapkan, “Selamat datang, rambut lebat!”

No comments:

Post a Comment