Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, September 28, 2010

SARAPAN

                                                           Manfaat Sarapan
Selain mengembalikan kadar gula ke kondisi normal setelah tidur semalam, sarapan memungkinkan kita mendapatkan asupan nutrisi lengkap.
Layaknya mengisi bahan bakar sebelum menjalankan kendaraan, tubuh kita pun memerlukan makanan agar menghasilkan energi yang cukup untuk beraktivitas sepanjang hari. Namun, mobilitas yang tinggi seringkali membuat kita meninggalkan sarapan. Padahal, rahasia sederhana untuk tetap menjaga kesehatan adalah hanya dengan mengisi perut sebelum beraktivitas di pagi hari.
Apa saja manfaat sarapan?
Saat beristirahat malam hari, kadar gula dalam tubuh kita menjadi berkurang karena tidak memperoleh asupan makanan sama sekali. Padahal, gula adalah sumber energi bagi tubuh kita. Dengan memberikan tubuh asupan makanan di pagi hari, tubuh akan menyerap gula dari kandungan karbohidrat dalam menu sarapan pagi.

Selain mengembalikan kadar gula ke kondisi normal, sarapan memungkinkan kita mendapatkan asupan nutrisi lengkap seperti zat besi, vitamin, mineral, dan serat yang hanya dapat diperoleh dari makanan. Asupan nutrisi yang lengkap akan kinerja otak dan menjaga kesehatan mental kita agar tetap dalam kondisi prima.

Sebelum berangkat sekolah, anak-anak juga perlu dibiasakan untuk makan pagi. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi anak-anak jauh lebih besar ketimbang orang dewasa. Nutrisi yang cukup akan menunjang pertumbuhan, perkembangan, serta aktivitasnya setiap hari.

Bagi Anda yang sedang berdiet, siapa bilang sarapan akan membuat gemuk? Sarapan pagi justru akan menjaga berat badan, karena dengan menyempatkan diri makan pagi kita tak lekas terdorong untuk mengonsumsi cemilan atau minuman penambah energi dengan alasan mengganjal perut. Sehingga, di siang hari pun kita tidak perlu makan berlebihan karena kebutuhan lemak dan kalori dalam tubuh sudah terpenuhi dengan cukup saat sarapan.

Sempatkanlah untuk selalu makan di pagi hari, sekalipun waktunya sangat terbatas. Kita tidak perlu memaksakan untuk makan makanan yang terlalu berat atau sulit disiapkan. Tapi, perlu juga diperhatikan untuk mengonsumsi menu makan pagi yang sehat. Setangkup roti, semangkuk sereal, beberapa potong biskuit, ditambah secangkir susu atau teh manis hangat, sudah cukup untuk menambah energi sebelum memulai hari.

Jangan lupa, sarapan pagi bersama di meja makan juga dapat mempererat hubungan emosional diantara sesama anggota keluarga. Jadi, hanya dengan sarapan pagi, tidak hanya kesehatan fisik yang terjaga tapi juga kesehatan mental dan psikologis sekaligus.

Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment