Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, September 28, 2010

PARU-PARU

                                                                                                                                                Tips untuk Cepat Sembuh dari Pneumonia

pneumonia radang paru basah lebah madu bee propolis tips sembuhPneumonia, atau yang dikenal juga sebagai penyakit radang paru-paru, biasanya membutuhkan beberapa minggu untuk proses penyembuhannya. Proses penyembuhan radang ini menuntut penderitanya untuk mewaspadai kesehatannya, paling tidak hingga melewati seminggu tanpa rasa sakit di dada, batuk, atau infeksi sekunder lainnya.
Untuk mempercepat proses penyembuhannya, High-Desert menyarankan penderita pneumonia untuk:
1. Tetap berkonsultasi dengan dokter.
Bila Anda mengalami pneumonia, Anda mungkin tergoda untuk segera beraktivitas setelah merasa sembuh. Tetapi Anda sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan rutin hingga seluruh gejalanya hilang total karena risiko terkena infeksi sekunder sangat besar bagi penderita pneumonia. Akan lebih baik bila Anda menjalani rontgen dada sekali lagi.
2. Beristirahat dengan cukup.
Karena sistem imunitas Anda telah bertarung cukup lama dengan serangan infeksi ini, tubuh Anda pasti membutuhkan istirahat yang cukup dalam proses penyembuhan. Jangan paksakan untuk bangkit dari tempat tidur walaupun Anda merasa sudah membaik. Antibiotik yang Anda konsumsi pun bisa jadi membuat Anda merasa mengantuk. Pastikan Anda juga beristirahat di siang hari sebagai tambahan untuk tidur minimal delapan jam di malam hari.
3. Menghirup udara bersih.
Salah satu masalah dalam pneumonia adalah paru-paru yang teriritasi. Menghirup udara yang sudah terpolusi hanya akan memperburuk keadaan Anda, bahkan mampu meningkatkan frekuensi dan intensitas batuk Anda. Karena itu, hindarilah berada di area terpolusi, demikian pula dengan ruangan merokok. Bila memungkinkan, pasanglah penyaring udara di rumah Anda. Bila Anda memang harus berada di udara terbuka, gunakanlah masker. Masker ini akan membantu melindungi paru-paru Anda.
4. Berada di ruang yang lembab.
Kebanyakan orang akan menghindari udara lembab sebisa mungkin. Tetapi, udara lembab itu baik untuk mereka yang sedang menjalani proses penyembuhan dari pneumonia. Anda bisa menggunakan humidifier pengatur kelembaban udara, bila memungkinkan dan dibutuhkan. Mandilah dengan air hangat. Udara yang lembab karena suhu air mandi Anda akan membantu menyejukkan paru-paru sekaligus mengurangi batuk Anda.
5. Gunakan obat batuk berjenis expectorant, bukan yang suppresant.
Obat batuk berjenis suppresant bersifat menekan batuk dan hanya akan membuat Anda sakit lebih lama karena batuk Anda akan ditahan. Sementara, para penderita pneumonia harus mengeluarkan dahak yang akan membawa kuman-kuman dari paru-parunya.
6. Kurangi kontak dengan orang lain yang sedang sakit.
Seperti yang dituliskan di atas, penderita pneumonia sangat riskan untuk mengalami infeksi sekunder. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari berada di sekitar orang yang sedang sakit, terutama bila mereka terkena infeksi saluran pernafasan, walaupun itu hanya pilek ringan. Kontak dengan orang yang sakit hanya akan menambah durasi penyembuhan yang Anda butuhkan, bahkan bisa memicu komplikasi.
7. Patuhi aturan konsumsi obat-obatan Anda.
pneumonia radang paru basah lebah madu bee propolis tips sembuh8. Konsumsi HD Bee Propolis bersamaan dengan resep dokter dan setelah pneumonia Anda sembuh.
Bee propolis merupakan anti oksidan, anti mikroba, serta antibiotik alami yang dihasilkan oleh lebah. Berbeda dengan antibiotik umum yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, HD Bee Propolis malah membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh secara alami.
HD Bee Propolis juga memiliki senyawa caffeic acid phenetil ester (CAPE) yang telah terbukti berfungsi sebagai anti peradangan. Dengan demikian, bersamaan dengan resep dokter, seorang penderita pneumonia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi HD Bee Propolis untuk mempercepat proses penyembuhannya.
INFO MEDIS >>

No comments:

Post a Comment