Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, September 28, 2010

KONSTIPASI

                                                                                                                                                                     Konstipasi

Konstipasi adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum. Anda mengalami konstipasi apabila ada pergerakan tidak nyaman di perut serta buang besar (BAB) kurang dari tiga kali dalam seminggu dengan buangan yang keras dan kering. Ketika BAB, Anda juga merasa dubur "tidak bekerja sama". Setelahnya, Anda juga merasa BAB Anda tidak puas.
"Mengapa saya mengalami konstipasi?" Pertanyaan ini mungkin hinggap di pikiran Anda. Jawabannya mungkin ada di daftar berikut ini.
  • Jumlah asupan air yang kurang atau dehidrasi.
  • Kurang serat.
  • Tidak peduli pada sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh perut, bahkan sering menunda desakan untuk BAB.
  • Kurang aktivitas fisik, terutama pada manula.
  • Irritable bowel syndrome.
  • Perubahan gaya hidup atau rutinitas, seperti kehamilan, penuaan, atau perjalanan ke luar kota.
  • Sedang tidak enak badan.
  • Penggunaan obat pencahar yang terlalu sering atau berlebihan.
  • Penyakit tertentu, seperti stroke, diabetes, penyakit tiroid, atau Parkinson's.
  • Gangguan pada usus besar atau dubur.
  • Obat-obatan tertentu, seperti pereda rasa sakit atau penurun tekanan darah.
  • Gangguan hormonal, seperti kelenjar tiroid yang tidak aktif.
  • Wasir.
  • Tubuh kekurangan garam karena muntah atau diare.
  • Cedera sumsum tulang belakang yang dapat mempengaruhi saraf-saraf yang berhubungan dengan usus.
konstipasi pencernaan buang air besar masalah madu lebah suplemen sehat irritable bowel syndrome bee propolis pollen royal jellySementara itu, konstipasi pada anak-anak bisa menjadi penanda penyakit Hirschsprung, yaitu kondisi bawaan yang disebabkan adanya saraf usus besar yang hilang. Tetapi, biasanya, anak-anak mengalami konstipasi karena takut atau tak ingin menggunakan toilet, tidak mempedulikan desakan untuk BAB karena sedang bermain, belum terbiasa dengan suatu bumbu makanan (biasanya pedas), serta karena ada tekanan di sekolah, rumah, atau lingkungan baru.
Konstipasi umumnya tidak mengindikasikan suatu kondisi yang serius. Walau demikian, diketahui beberapa kasus konstipasi yang berhubungan kanker usus besar, gangguan hormonal, atau penyakit autoimun. Anda patut khawatir bila konstipasi Anda atau anak Anda bertahan hingga 2 minggu atau lebih, walaupun Anda sudah mengubah gaya hidup Anda.

Atasi dengan Mengubah Gaya Hidup
Biasanya konstipasi hanya bersifat sementara. Perubahan gaya hidup akan berperan besar dalam mengatasi masalah pencernaan ini.
Pertama, perbaiki diet Anda dengan menambahkan makanan kaya serat ke dalam menu harian Anda atau anak Anda. Biji-bijian, buah dan sayur segar, serta oatmeal adalah makanan yang dianjurkan bagi Anda, sementara keju, daging, dan makanan kalengan harus Anda hindari bila Anda ingin mengatasi konstipasi Anda. Selain itu, patuhlah pada jam makan Anda.
Kedua, perbanyak asupan air minum Anda. Tidak selalu air putih, karena Anda bisa mengakalinya dengan jus buah atau sirup madu. Cukup dengan mencampurkan satu sendok HD Clover Honey ke dalam segelas air putih, maka Anda akan mendapatkan asupan cairan yang enak, sehat, dan baik untuk pencernaan Anda dan keluarga.
Ketiga, berolahraga. Aktivitas fisik yang kurang merupakan salah satu penyebab konstipasi. Berolahraga akan membantu merangsang aktivitas usus sehingga akan memperlancar proses BAB Anda. Kegiatan sederhana, seperti bersepeda, lempar-tangkap bola, dan berlari akan memicu perubahan positif pada konstipasi Anda.
Keempat, responsif terhadap sinyal dari perut. Jangan acuhkan keinginan untuk BAB. Bila saat ini Anda acuhkan, maka nantinya Anda akan sulit untuk melakukannya.

Suplemen untuk Pencernaan yang Sehat
konstipasi pencernaan buang air besar masalah madu lebah suplemen sehat irritable bowel syndrome bee propolis pollen royal jellyKonstipasi bukanlah satu-satunya gangguan saluran pencernaan yang dapat mengganggu manusia. Agar pencernaan Anda selalu sehat, ada baiknya Anda mempertimbangkan konsumsi suplemen khusus pencernaan yang bernama HD Dynamic Trio + Enzymeminerals. Suplemen ini baik bagi pencernaan karena memiliki formulasi yang unik antara enzim bromelain, enzim papain, berbagai jenis mineral, dan dynamic trio (bee pollen, bee propolis, dan royal jelly).
Bromelain berasal dari batang buah nanas dan mampu menguraikan zat makanan dan menyiapkannya agar mudah diserap oleh tubuh. Sementara itu, papain berasal dari buah pepaya yang belum matang. Enzim ini terbukti aktif membantu melancarkan pencernaan.
Sesuai namanya, HD Dynamic Trio + Enzymeminerals juga kaya akan berbagai mineral, di antaranya zat besi, mangan, seng, dan kromium. Mineral-mineral itu akan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, membangun dan mengatur fungsi tubuh, sekaligus menjalankan fungsi vital untuk mengoptimalkan kinerja kedua enzim di atas.
Selain itu, kandungan dynamic trio akan bekerja sinergis untuk memberikan nutrisi yang penting, mengeluarkan racun dari sistem pencernaan, memperbaiki sel organ pencernaan yang rusak akibat peradangan, serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh Anda.
Produk perlebahan High-Desert merupakan suplemen yang berasal dari alam dan telah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Dalam hal ini, HD Dynamic trio + Enzymeminerals berfungsi untuk menjaga, mempertahankan, dan membantu penyembuhan sistem pencernaan Anda.
Konsumsi HD Dynamic Trio + Enzymeminerals bersama dengan HD Clover Honey, maka semakin kecil kesempatan Anda dan keluarga untuk mengalami masalah pencernaan, termasuk konstipasi.

No comments:

Post a Comment