Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, September 28, 2010

Olah Raga

                                                                                                                                                   Berolahraga bukanlah suatu yang asing dalam wacana kita. Kegunaan dan manfaat berolahraga pun sudah kita ketahui semenjak kita bersekolah di sekolah dasar. Tetapi, apakah Anda termasuk orang yang gemar berolahraga? Pertanyaan itu wajar ditanyakan karena tidak setiap orang mau mengerjakan satu pekerjaan ini.
Banyak alasan seseorang untuk menghindari olahraga, antara lain adalah sebagai berikut:
• “Saya terlalu lelah setelah sepanjang hari sudah bekerja.”
• “Mulai besok saja lah, kan besok masih ada hari kosong....”
• “Wah, saya lupa untuk mencuci pakaian olahraga. Ntar dulu ah, olahraganya”
• “Olahraga kan membuat badan berkeringat dan lengket....”

Alasan tersebut sering kali lebih besar daripada motivasi Anda untuk berolahraga, bahkan sederhana apapun bentuk olahraga yang hendak Anda lakukan. Semua dari kita pasti menginginkan badan yang sehat dan bentuk tubuh yang proporsional. Tetapi, pertanyaan yang lagi-lagi muncul, “Mengapa untuk tetap sehat harus bekerja keras?”

Olahraga Sambil Masak, Mungkinkah?
Sebenarnya, tidak semua jenis olahraga dikategorikan sebagai suatu “kerja keras”. Ada beberapa pilihan olahraga yang bersahabat bagi Anda yang tidak menyukai kerja otot. Jenis olahraga itu antara lain adalah fitnes atau sekedar joging. Walau tidak terlalu “keras”, Anda tetap dapat memiliki badan yang lebih kuat, menjaga kelenturan otot, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, imun diperkuat, dan meningkatkan rasa percaya diri.
Dengan jenis olahraga ini, Anda tidak harus menghabiskan berjam-jam di gym. Anda juga tidak perlu membatasi jumlah makananan Anda. Selain itu, sebenarnya banyak kegiatan sehari-hari Anda yang juga berfungsi membakar kalori lebih dari yang Anda pikirkan. Tabel di bawah ini menunjukkan bagaimana beberapa kegiatan sehari-hari yang biasa Anda lakukan mampu membakar kalori dan membantu Anda tetap fit.
Grafik di atas menunjukkan bagaimana beberapa hal yang Anda lakukan setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan olahraga Anda. Jika Anda semula melihat kebugaran sebagai hasil dari suatu “kerja keras” seumur hidup, saat ini pola pikir Anda dapat mulai berubah. Saat memasak makanan buat anak atau memperbaiki mesin mobil Anda dapat mempraktikkan "tips kebugaran Anda."

Jalan-Jalan Sore, Sebuah Alternatif Lain
Cara lain untuk memastikan Anda mendapatkan latihan yang Anda butuhkan adalah dengan berjalan, bisa juga dengan jalan-jalan sore. Hal ini tidak lebih berat dari bentuk latihan lain, seperti tenis atau joging. Walau begitu, Anda tetap akan menuai manfaat yang bisa Anda rasakan. Peneletian membuktikan, manfaat berjalan teratur antara lain adalah Anda akan tidur lebih nyenyak, termasuk bagi beberapa orang yang mengalami insomnia. Mengapa? Dengan berjalan, Anda akan juga mengalami pelepasan ketegangan dan stres sehingga kesehatan akan terasa secara keseluruhan. Berjalan juga dapat membantu mengurangi berat badan bila dikombinasikan dengan diet yang tepat.

Untuk mendapatkan hasil optimal untuk mereduksi berat badan, tambahkan 20 sampai 30 menit aktivitas aerobik tiga atau lebih kali seminggu dan beberapa jenis kegiatan fisik. Sebelum melakukannya, awalilah dengan melakukan peregangan.
Berikut adalah beberapa tips kebugaran berjalan dan berat badan untuk Anda mulai:
• Berjalanlah dengan seorang teman atau dengan hewan piaraan sehingga secara psikologis Anda akan merasa bersemangat saat berjalan-jalan.
• Melakukan peregangan sebelum Anda mulai. Otot perlu “dihangatkan” untuk mencegah cedera.
• Pakailah sepatu yang benar. Sepatu itu harus nyaman, dengan sol karet untuk menyerap kejutan dari setiap langkah, terutama jika Anda berjalan di beton atau aspal.
• Atur kecepatan Anda. Jika Anda terengah-engah saat Anda berjalan, itu berarti Anda terlalu memaksakan diri. Santai saja, nikmati pemandangan yang Anda jumpai.

Dengan menggunakan sepeda statis di rumah juga merupakan bentuk latihan yang menyenangkan dan mudah. Anda dapat meletakkannya di dekat televisi, sehingga Anda dapat melawan kebosanan yang kerap menghinggapi pada setiap orang yang berolahraga jenis ini.

Last but not least, sangatlah penting mempunyai pengertian bahwa olahraga tidak hanya untuk secepat mungkin menurunkan berat badan dan mendapat kesehatan optimal. Olahraga adalah proses berkesinambungan yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan.
HD Bodimate, Let’s Work Out!
Sejak beredar pada tahun 1980, HD Bodimate kini telah dijual di 51 negara. Bukan suatu hal yang aneh jika Bodimate terkenal karena semua orang mengakui manfaat dari berolahraga. Sekarang Anda dapat merasakan efek positif dari setiap olahraga yang anda lakukan. HD Bodimate telah digunakan selama bertahun-tahun, baik oleh para atlit pemula atau profesional di seluruh dunia dengan membantu mereka terhindar dari cidera untuk meraih hasil yang mereka inginkan. Berkeringat membutuhkan tenaga lebih banyak dari yang orang sadari, dan seperti semua hal yang membutuhkan energi, berkeringat membakar kalori. HD Bodimate memperbanyak pengeluaran keringat dengan meningkatkan sirkulasi.
HD Bodimate membantu Anda meningkatkan sirkulasi di area yang diinginkan dan membantu tubuh untuk mendapatkan hasil yang seimbang antara keringat dan sirkulasi. HD Bodimate juga dapat digunakan pada saat sauna. Sekali anda mencobanya, anda akan merasakan manfaat HD Bodimate. HD Bodimate tidak berminyak dan wanginya menyegarkan, sehingga Anda tidak perlu malu menggunakannya pada saat dan setelah berolahraga.
HD Bodimate juga dapat digunakan pada saat anda berpakaian dan berenang. Bodimate mengandung pelembab yang digunakan setelah bercukur. Jadi, apapun olahraga yang Anda lakukan, HD Bodimate akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.[HD]

No comments:

Post a Comment