Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Thursday, September 30, 2010

Tumbuh Kembang Anak

                                                           Yang Perlu untuk Tumbuh Kembang Anak
Mengajarkan hidup bersih juga dapat digunakan sebagai satu media pembelajaran untuk penerapan disiplin.
Pola hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri, sejak dini. Pembentukan pola hidup sehat akan lebih baik bila dimulai sejak kanak-kanak. Mengajarkan hidup bersih juga dapat digunakan sebagai satu media pembelajaran untuk penerapan disiplin. Cara mengajarkannya? Orang tua harus menjadi contoh. Anak perlu dibiasakan untuk melakukan hal-hal yang bisa diawali dengan teladan dari orang tua.
Menjaga Kebersihan Tubuh

Mandi
Frekuensi dan waktu untuk mandi sangat tergantung pada kondisi anak. Jika anak banyak melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat maka sebaiknya frekuensi mandi harus lebih sering. Keringat yang menempel di tubuh anak akan mengundang kuman-kuman untuk bersarang. Si kecil pun bisa terkena penyakit kulit. Idealnya, sekali dalam satu hari anak perlu keramas. Sehabis mandi bersihkanlah pusar.

Bentuk pusar yang menjorok ke dalam sulit untuk dibersihkan karenanya, pusar harus dibersihkan dengan menggunakan bahan yang lembut dan dengan hati-hati.
Sehabis mandi Bersihkan juga lubang hidung dengan tissue, dan telinga dengan cotton bud. Penggunaan tangan tidak dianjurkan. Tangan yang tidak bersih dapat menjadi sumber bakteri.

Menyikat Gigi
Setiap selesai makan dan sebelum tidur, mulut harus dibersihkan karena, sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi dan rongga mulut lama kelamaan dapat menjadi plak dan karang gigi.

Menggunting Kuku dan Mencuci Tangan
Kuku bisa menjadi sarang bertumbuhnya kuman dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu, kuku juga dapat melukai anak. Jagalah agar kuku tetap pendek.

Cucilah tangan sesering mungkin. Tangan merupakan media penularan penyakit yang sangat potensial karena, tangan digunakan memegang barang-barang yang juga disentuh banyak orang. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun di air yang mengalir.

Mengganti Pakaian dan Alas Kaki

Pastikan anak selalu mengenakan pakaian yang bersih. Mulai dari celana, kaos, dan pakaian dalam. Kaos kaki, sepatu maupun sandal harus bersih. Sepatu dan sendal harus rutin dibersihkan, dan hindari pemakaian kaos kaki berulang-ulang.

Untuk Pertumbuhan dan Kecerdasan

Istirahat Cukup dan Olah Raga Teratur
Tidur sangat perlu bagi pertumbuhan anak. Porsi dan kualitas tidur membantu pertumbuhan anak karena, hormon pertumbuhan bekerja optimal saat anak tidur. Bayi memerlukan tidur setidaknya 17 jam perhari, balita 10-12 jam, sedang anak di atas 6 tahun memerlukan tidur 9-10 jam per hari. Selain tidur, anak juga memerlukan olah raga secara rutin. Olah raga yang dapat membantu meningkatkan kekebalan anak terhadap serang penyakit.

IQ Anak
Anak cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Namun, tidak semua anak terlahir cerdas. Menurut seorang pakar dari Fakultas Kedokteran Universitas Pittsburg, AS, faktor genetik hanya memiliki peranan sebesar 48% dalam membentuk IQ anak. Gizi dan perawatan yang baik semasa pertumbuhan, lingkungan yang kondisif, bahkan saat anak masih di kandungan dapat membantu tumbuh kembang anak.

Berbagai penelitian juga mengungkapkan korelasi positif antara gizi pada masa petumbuhan anak dengan perkembangan fungsi otak. Bila ingin memaksimalkan pertumbuhan sel otak anak, aturlah asupan gizi sejak dalam kandungan. Selain itu, ibu hamil wajib menghindari asap rokok. Asap rokok dapat mengurangi pasokan oksigen yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan sistem saraf janin. Kandungan racun dalam rokok sangat berbahaya bagi bayi.

Semasa janin, terjadi pertumbuhan dan pertambahan sel otak. Semakin besar volume otak, semakin tinggi tingkat kecerdasan. Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan bergizi cukup. Setelah lahir, anak membutuhkan gizi yang cukup agar perkembangan otak optimal. Sebaiknya anak diberi ASI eksklusif hingga usia 6 bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, berikanlah HD Honeybee PollenS, suplemen yang diformulasikan khusus untuk anak-anak, untuk membantu pertumbuhan tubuh dan otak anak. HD Honeybee PollenS mengandung nutrisi penting unsstuk membantu meningkatkan kecerdasan dan dapat meningkatkan konsentrasi anak.

Rangsangan untuk Meningkatkan Respon
Seorang psikolog Swiss, Jean Piaget menyatakan bahwa semakin banyak hal baru yang didengar anak, semakin besar keinginan anak untuk melihat dan mendengar segala sesuatu yang ada di lingkungannya. Berikan gambar-gambar lucu dan menarik dengan berbagai warna di kamar anak. dengan berbagai warna di kamar anak.

Kemampuan Verbal
Bahasa yang didengar anak dapat mempengaruhi kemampuan dasar berpikirnya. Bila sering diajak berbicara, kemampuan verbal anak semakin baik. Pelajaran berbahasa yang diterapkan sejak dini dapat menaikkan kemampuan inteligensia anak.

Berikanlah yang terbaik untuk putra-putri Anda. Pertumbuhan dan perkembangan, bahkan kecerdasannya sangat tergantung pada pola asah, asih dan asuh dari Anda! [HD]

No comments:

Post a Comment