Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, September 28, 2010

JANTUNG & AIR SEHAT

                                                           Jantung Sehat dengan Air Sehat
Setiap hari, kita dianjurkan untuk sedikitnya minum minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi
Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Organ dan unsur tubuh yang sangat membutuhkan cairan adalah otak dan darah. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki kandungan air sebanyak 95%.

Setiap hari, kita dianjurkan untuk sedikitnya minum minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Apa yang terjadi bila asupan air untuk tubuh kita kurang dari 2 liter sehari? Tentu, tubuh pun akan menyeimbangkan diri. Caranya? Dengan jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri. Darah yang diserap unsur airnya akan menjadi kental. Bagi seorang perokok, jumlah asupan air sebaiknya lebih banyak karena nikotin bersifat mengentalkan darah.

Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah), darah yang kental menyebabkan ginjal harus bekerja ekstra keras menyaringnya. Dan, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan glomerulus ginjal sobek. Akibatnya, air seni pun berwarna kemerahan. Bila dibiarkan terus menerus, sangat besar kemungkinan kita mengalami gagal ginjal.

Di otak, darah yang mengental sangat sulit untuk bersirkulasi. Karena sel-sel otak sangat boros mengkonsumsi makanan dan oksigen yang hanya bisa diperoleh dari darah, maka aliran darah yang lambat ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila ini ditambah dengan penyakit jantung, maka risiko serangan stroke tentu lebih besar.

Pengaruh Air Putih Bagi kesehatan Jantung

Tidak hanya berguna bagi darah dan otak, hasil studi yang dilakukan para peneliti dari Loma Linda University di California, Amerika, membuktikan bahwa air putih juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Riset tersebut mengemukakan bahwa orang yang mengonsumsi banyak air putih lebih sedikit terkena risiko terkena serangan jantung dibandingkan mereka yang asupan air putihnya kurang.

Analisi ini didasarkan pada studi yang melibatkan 8.280 pria dan 12.017 wanita dengan kisaran usia 38 tahun. Studi selama enam tahun yang dipimpin oleh Dr. Jacqueline Chan ini mencatat kejadian dan perkembangan penyakit jantung koroner. Dari jumlah tersebut 246 responden meninggal akibat sakit jantung.

Hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology ini menyebutkan risiko serangan jantung pada responden yang minum lebih dari 5 gelas perhari berkurang sampai 41 persen. Sementara pada pria yang mengonsumsi minuman lain termasuk teh, kopi, jus, susu, alkohol, atau bahkan jarang minum, tetap berisiko tinggi terkena serangan jantung.
Menurut Chan, air yang diminum akan diserap masuk ke dalam aliran darah, hal ini bisa menurunkan ketebalan pembuluh darah, jadi resiko terkena serangan jantung yang dipicu bekuan darah pun akan berkurang. Sebaliknya minuman lain justru akan mempertebal pembuluh darah, pasalnya setelah dicerna bahan ini akan mengandung konsentrasi yang sama dengan darah.
Peroleh Air Sehat dengan PCT
Riset di atas membuktikan manfaat air putih bagi kesehatan jantung. Namun, air yang dimaksud adalah air yang sehat, yaitu bebas dari kuman. Saat ini relatif sulit memperoleh air yang benar-benar sehat. Jikalau ada, kita perlu merogoh kocek agak dalam untuk membeli air kemasan galonan dalam jumlah yang banyak.

Sekali dua kali, jumlah uang yang dikeluarkan tentu tidak begitu terasa, namun jika kebutuhan air sehat semakin banyak, tentu secara ekonomis akan menjadi beban. Apalagi, konsumsi air untuk kita dan keluarga harus selalu banyak tiap harinya. Sangat menguntungkan jika kita dapat mengonsumsi air kran langsung dari PAM. Loh, bukannya air PAM mengandung jutaan bakteri?
Jantung Sehat dengan Air SehatJangan kuatir. Dengan menggunakan HD PCT 2000, Anda dapat mengonsumsi air kran secara langsung.

Dengan sistem pemurnian air 10 tahap, PCT 2000 dapat membantu membunuh kuman, menghilangkan klorin, serta menghilangkan sisa bahan kimia berbahaya lain dalam air kran sehingga bisa langsung siap dikonsumsi.

Jantung, otak, dan darah adalah organ tubuh yang sangat membutuhkan air. Jika tidak, organ-organ itu akan mengalami disfungsi. Karenanya, kebutuhan kita akan air yang banyak tiap harinya adalah wajib hukumnya. Cukupi kebutuhan keluarga Anda akan air sehat dengan PCT 2000 dan peroleh tubuh yang sehat. [HD]



No comments:

Post a Comment