Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Sunday, March 20, 2011

Gula (Fakta Pahpit Dibalik Manisnya Gula)


                                                                                   Selama ini garam dianggap paling banyak memicu hipertensi atau tekanan darah tinggi. Garam sangat erat dengan hipertensi. Sementara itu, gula hampir tidak pernah jadi kambing hitam, padahal penelitian membuktikan bahwa makanan manis juga bisa meningkatkan tekanan darah seperti halnya garam.
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan pembuluh darah. Seseorang dengan tekanan darah 135/85 mmHg punya risiko dua kali lebih besar mengalami stroke dan serangan jantung dibandingkan orang sehat dengan tekanan darah 120/80 mmHg.
Sudah banyak yang tahu bahwa garam bisa meningkatkan tekanan darah. Namun penelitian juga menunjukkan gula juga bisa memicu hipertensi, sama seperti garam. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension ini melibatkan 2.696 orang berusia 40-59 tahun di Inggris dan Amerika Serikat. Selama tiga pekan, peneliti mengamati pola makan dan melakukan pemeriksaan gula darah, tekanan darah dan komposisi urine para relawan.
Hasil analisis menunjukkan konsumsi gula yang berlebihan dalam sehari bisa meningkatkan tekanan sitolik sebesar 1,6 mmHg dan tekanan diastolik sebesar 0,8 mmHg. Bandingkan dengan setengah sendok teh garam yang bisa menaikkan tekanan sistolik naik sebesar 5 poin dan tekanan diastolik naik 3 poin. Tekanan sistolik diukur ketika jantung memompa darah, sedangkan diastolik diukur saat jeda pemompaan.
Para peneliti mengaku belum dapat menjelaskan secara pasti hubungan antara gula dan hipertensi, namun yang jelas pengaruhnya lebih besar jika konsumsi gula yang berlebihan itu disertai juga dengan konsumsi garam. Dengan kata lain, gula bisa memperburuk hipertensi yang dipicu oleh kelebihan garam.
Konsumsi gula yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah sekitar 90 gram/hari atau tidak lebih dari setengah cangkir. Lebih dari 100 gram/hari, konsumsi gula dikatakan berlebihan dan bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, berdasarkan Panduan Umum Gizi Seimbang 2003, konsumsi garam tidak boleh lebih dari 6 gram (satu sendok teh) sehari atau sama dengan 2300 mg natrium.
HDI Clover Honey Manfaatnya Semanis Madunya
Jika tidak ingin masalah di atas berlanjut, sudah saatnya mengganti asupan gula dengan pengganti yang tak kalah manisnya. Jawaban untuk hal ini sudah dilakukan berabad-abad lamanya oleh leluhur kita. Madu.
Madu terbuat dari nektar yang dikumpulkan oleh lebah, dari berbagai macam bunga. Lebah menyimpan nektar didalam kantung madu yang terdapat pada sarang, sebagai makanan mereka. Disamping sebagai pelengkap masakan, madu juga memiliki fungsi sebagai antibakteri dan dapat digunakan untuk merawat luka, menjaga luka tetap steril serta membantu mempercepat proses penyembuhan.
Sejak jaman dahulu, madu tidak hanya digunakan sebagai pemanis alami, tetapi juga digunakan untuk membantu penyembuhan. Banyak ramuan tradisional yang menggunakan madu sebagai bahan dasar utama, untuk membantu dan mempercepat penyembuhan.
Madu adalah larutan gula yang jenuh, yang sebagian besar terdiri dari fruktosa dan glukosa, disakarida, trisakarida, dan oligosakarida terdapat dalam jumlah kecil. Selain karbohidrat, madu juga mengandung protein (termasuk enzim), vitamin, dan mineral. Madu adalah sumber energy alami yang sangat baik karena terdiri dari 38% fruktosa dan 31% glukosa, yang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh. Madu merupakan campuran antara fruktosa-glukosa yang alami, dengan kandungan oligosakarida, protein, vitamin dan mineral, yang dapat membantu meningkatkan performa atlit, seperti yang dihasilkan oleh minuman yang biasa dikonsumsi oleh atlit.
Madu juga sangat aman bila dipakai sebagai pengganti gula, bahkan sangat aman bagi penderita diabetes sekalipun. Dapat digunakan sebagai pemanis pada minuman tanpa menghilangkan atau menutupi rasa minuman yang sebenarnya. Madu murni dengan dosis rendah dapat berfungsi sebagai karbohidrat, atau bahkan sebagai pengganti gula. Semua manfaat madu di atas, ada dalam HDI Clover Honey.
HDI Clover Honey berasal dari bunga clover, dinyatakan sebagai madu terbaik oleh peternak lebah di seluruh dunia. Madu ini merupakan sumber nutrisi yang paling baik. HDI Clover Honey merupakan madu murni dan alami, tanpa melalui proses pemanasan, serta mengandung enzim dan nutrisi yang tinggi. Kebanyakan madu yang dijual saat ini, diproses dengan pemanasan sehingga dapat merusak enzim yang terkandung didalamnya, dan juga disaring untuk mendapatkan tampilan yang jernih. Semua proses ini dapat menyebabkan madu kehilangan 50% kandungan vitaminnya sehingga kualitasnya pun akan menurun.
HDI Clover Honey juga mengandung royal jelly dan pollen yang menjadikannya kaya akan nutrisi! Jadi, hilanglah sudah efek buruk dari pemanis yang Anda gunakan jika sudah memakai HDI Clover Honey.

No comments:

Post a Comment