Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Tuesday, December 28, 2010

Kanker Pada Anak

                                                                                                                                                                Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja dan tidak memandang usia, anak yang masih kecil pun bisa terkena kanker. Ada beberapa kanker yang paling sering menyerang anak-anak. Orangtua sebaiknya mewaspadai kanker pada anak. Pada intinya kanker adalah suatu kondisi dimana sel telah kehilangan kendali untuk melakukan aktivitas secara normal. Sehingga pertumbuhan selnya menjadi tidak terkendali. Penyakit kanker adalah sebuah tumor di dalam tubuh yang berubah menjadi ganas.
Pada tahun 2008 kasus kanker anak baru di Rumah Sakit Kanker Dharmais adalah leukimia (kanker darah) sebanyak 16 kasus, limfoma (kanker akibat sel darh putih) 15 kasus, retinoblastoma (kanker mata) sebanyak 7 kasus dan kanker otak sebanyak 7 kasus. Kanker terdiri dari 2 jenis yaitu kanker cair seperti leukimia dan kanker padat yaitu berbagai jenis kanker yang berbentuk benjolan seperti retinoblastoma (kanker mata), kanker otak, kanker paru-paru dan lainnya.
Kanker ini seringkali tidak menunjukkan gejala yang berarti jika berada pada stadium awal, sehingga banyak orang yang tidak mengira ada anggota keluarganya yang menderita suatu kanker. Untuk itu perhatikan beberapa gejala yang harus diwaspadai pada anak-anak:
Kanker cair (seperti leukimia)
Kegagalan sumsum tulang biasanya ditandai dengan kulit pucat atau lesu akibat sel darah merahnya yang rendah. Anak sering demam, misalnya minggu ini sembuh tapi minggu depan datang lagi, ini diakibatkan sel darah putih yang rendah.
Terjadinya pendarahan akibat keping darah atau trombosit yang rendah.
Terjadinya penyebaran ke jaringan atau organ lain.
Kanker padat
Tanda-tanda yang harus diwaspadai untuk kanker padat misalnya bola mata yang berwarna putih (untuk kanker retinoblastoma ), perut membesar tapi dalam bentuk yang tidak wajar serta adanya benjolan di tempat yang seharusnya tidak ada.
Apabila menemukan tanda-tanda seperti itu, sebaiknya orangtua segera memeriksakan anaknya ke rumah sakit. Karena jika kanker yang ditemukan masih dalam tahap stadium awal, maka peluang untuk sembuhnya tinggi. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk penyakit kanker melalui kemoterapi, bedah atau radioterapi. Perawatan ini bisa satu-satu atau kombinasi tergantung dari jenis kankernya.
Lamanya pengobatan untuk kanker ini tergantung dari jenis dan stadiumnya. Untuk kanker cair biasanya selama 2 tahun, sedangkan untuk kanker padat sekitar 1,5 tahun. Tapi setelah pengobatan selesai, anak harus tetap dimonitor kesehatannya selama 5 tahun dan baru setelah itu bisa dinyatakan benar-benar sembuh. Karena kemungkinan kanker tersebut tumbuh lagi masih tinggi, terutama dalam satu tahun pertama. Karena itu waspadai segala jenis kanker yang mungkin ada pada anak Anda, semakin cepat kanker tersebut ditemukan maka peluang kesembuhannya pun semakin besar.
Manfaat Produk HDI Terhadap Kanker
Beberapa para ahli peneliti menyatakan bahwa produk perlebahan pollen, propolis, royal jelly, dan madu sangat bermanfaat dan berperan positif dalam meningkatkan kualitas kesehatan, mencegah berbagai penyakit, dan membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit berat, termasuk kanker ganas. Produk perlebahan alami ini dihasilkan oleh lebah dan memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Kandungan dari tiap-tiap produk perlebahan, selain asam amino essensial, vitamin, mineral dan berbagai enzim, juga memiliki kandungan yang spesifik pada tiap-tiap jenis produk.
Riset membuktikan bahwa salah satu penyebab utama kanker adalah radikal bebas, senyawa kimia reaksi oksidasi. Karenanya, dibutuhkan antioksidan yang berperan untuk membersihkan radikal-radikal bebas. Kualitas lingkungan yang semakin menurun menjadikan radikal-radikal bebas makin banyak dan menyebabkan kerusakan pada sistem antioksidan tubuh. Karenanya, tubuh membutuhkan asupan antioksidan dari luar. Antioksidan tersebut dapat diperoleh dari Produk-Produk HD yang hadir dalam empat produk unggulan, Four Stars: HDI Pollenergy 520 (Khusus untuk anak-anak, HDI Pollenergy 520 tersedia dalam HDI Honey Bee Pollen), HDI Bee Propolis, HDI Royal Jelly, dan HDI Clover Honey.
Keunggulan produk-produk ini adalah kaya akan polifenol dan bioflavanoid yang diakui sebagai antioksidan alami serta mengandung zat yang mampu merangsang antioksidan alami dari dalam tubuh. Polifenol adalah senyawa dari kelompok fitokimia penting pada tumbuhan dan mengandung antioksidan. Dalam dunia medis, bioflavonoid sering juga disebut sebagai vitamin P karena manfaatnya dalam membantu meningkatkan aktivitas vitamin C, serta menghambat infeksi bakteri dan virus. Jangan lupa juga bahwa keempat produk ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Sesuatu yang sangat penting dalam mengatasi sebaran kanker dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment