Filusuf Bicara

"Obatilah penyakit Anda dengan makanan dan jadikanlah makanan Anda sebagai obat [Hipo Crates]"

Wednesday, June 1, 2011

Berat Badan


Sedikit dan Sehat untuk Jaga Berat Badan


Kebanyakan orang perlu makan banyak untuk dapat merasakan kenyang. Akibatnya, orang makan dengan porsi besar dan berat badan gampang naik. Tapi ada beberapa cara yang bisa membuat Anda kenyang meski makan sedikit.
Ahli diet telah menemukan beberapa cara untuk membuat perut cepat merasa kenyang meski makan sedikit, yaitu dengan mengatur waktu makan, apa yang harus dimakan dan cara makan. Ahli diet juga menunjukkan bahwa otak mendapat sinyal bahwa perut sudah kenyang setelah 20 menit dan jika orang makan terlalu cepat, maka ia akan terus merasa bahwa perutnya masih kosong, yang akhirnya membuatnya makan berlebihan.
Berikut beberapa cara agar perut cepat merasa kenyang meski makan sedikit, seperti dilansir Lifemojo :
1. Makan perlahan dan kunyah dengan baik
Ingat otak membutuhkan waktu 20 menit menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jadi tidak peduli apa yang Anda makan, pastikan Anda makan perlahan dan mengunyah dengan benar untuk memperpanjang waktu makan.
2. Makan sepiring salad 10 menit sebelum makanan utama
Makan salad sebelum makan makanan utama akan membuat Anda cepat kenyang setelah makan. Jika Anda bosan mengunyah salad, Anda bisa memiliki sayur yang berkaldu.
3. Makan dengan frekuensi sering dan hindari melewatkan waktu makan
Jika melewati waktu makan, ada kemungkinan Anda akan makan berlebihan di waktu makan berikutnya. Makan dalam interval kecil (setiap 2 hingga 3 jam sekali) karena ini akan membantu Anda tidak merasa terlalu lapar pada waktu makan. Juga, makan dengan porsi kecil tetapi sering akan membuat tubuh tetap aktif membakar beberapa kalori tambahan.
4. Makan di piring yang kecil
Saat menghabiskan makanan yang ada di piring, otak akan mengirimkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Jadi makan di piring yang lebih kecil akan memberi isyarat visual ke otak bahwa Anda sudah kenyang dengan sepiring penuh makanan.
5. Pilih buah utuh ketimbang jus
Buah yang masih utuh berisi air dan serat lebih banyak yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang ketimbang memiliki buah yang sudah dijus.
6. Makan makanan berserat tinggi
Beberapa makanan tinggi serat akan memberikan rasa kenyang lebih cepat, meskipun memasok tubuh dengan kalori 20 persen lebih sedikit dari makanan serat rendah.
Makanan tinggi serat contohnya biji-bijian seperti gandum, produk gandum, beras merah; buah-buahan seperti jeruk, apel, pir, jambu biji, lemon, jeruk, buah, buah delima; dan sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, asparagus, paprika, wortel dan labu.
Diet Sehat Kunci Berat Badan Ideal
Yang paling penting dalam menjaga berat badan agar tetap ideal adalah mengelola lemak dalam tubuh. Buatlah agar hanya lemak yang benar-benar dibutuhkan tubuh yang kita konsumsi. Sedangkan buang jauh-jauh lemak yang justru mengganggu bahkan merusak metabolisme tubuh. Untuk itu perlu solusi yang benar-benar mampu mengeluarkan lemak jahat tersebut.
HDI Trimee II adalah solusi untuk menurunkan berat badan anda. Membantu anda mendapatkan berat dan bentuk tubuh yang ideal dengan cara mengikat molekul lemak dalam makanan anda sebelum mereka diserap ke dalam jaringan darah, secara signifikan dapat mengurangi penyerapan makanan yang berlemak. HDI Trimee II membantu mengatasi masalah anda akan makanan berlemak yang tidak sehat dan dapat membantu anda memperoleh kesehatan tubuh yang lebih baik!
Manfaat menggunakan HDI Trimee II terutama adalah m embantu mengeluarkan kelebihan lemak dari tubuh . Kandungan Chitosan di dalamnya mampu mengikat lemak yang ada didalam perut. Lemak tidak dapat diserap oleh usus dan akan dikeluarkan. HDI Trimee II mengandung chitosan, sejenis serat yang dapat mengikat molekul lemak yang terdapat dalam makanan sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak oleh tubuh, membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu menurunkan berat badan.
Penelitian menunjukkan bahwa sekelompok orang yang mengonsumsi chitosan selama 6 bulan, berat badannya berkurang sebanyak 16 kg sedangkan pada sekelompok orang yang tidak mengonsumsi chitosan hanya mengalami penurunan berat badan sebanyak 11 kg. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi chitosan akan meningkatkan pengeluaran lemak 7 kali lebih banyak bila dibandingkan dengan mengonsumsi jenis serat lainnya.
Chitosan juga memiliki kemampuan untuk mengurangi LDL (kolesterol jahat), meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Jurnal Gizi Klinik Amerika (The American Journal of Clinical Nutrition) melaporkan bahwa chitosan terbukti memiliki efektifitas yang sama dengan cholestryramine (obat penurun kolesterol) pada mamalia dalam mengontrol tingkat kolesterol darah tetapi tidak menyebabkan efek samping seperti yang ditimbulkan oleh cholestryramine. Mengurangi penyerapan asam empedu dan kolesterol, membantu mengurangi resiko penyakit jantung.
Selain itu, Chitosan juga berperan penting dalam membersihkan saluran pencernaan dan membuang zat beracun. Nah jika lemak jahat dalam tubuh hilang dan pencernaan sehat, maka berat badan ideal tentu siap didapat.

No comments:

Post a Comment